Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

1.118 Unit Alsintan Untuk Meningkatkan Produktivitas Sektor Pertanian di Bengkulu

ktnanasional – BENGKULU. Pemerintah Provinsi Bengkulu (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu pada tahun 2024 ini telah mempersiapkan bantuan berupa 1.118 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian di wilayah Bengkulu.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, M. Rizon, menyampaikan, bantuan Alsintan tersebut akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani yang terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (Simluhtan) di wilayah Bengkulu.

“Saat ini proses pengadaan Alsintan masih berlangsung. Setelah proses pengadaan selesai, kita akan melakukan pendataan dan verifikasi di lapangan terhadap kelompok-kelompok yang telah mengusulkan bantuan kepada pemerintah,” ungkap M. Rizon kemarin.

Setelah dilakukan verifikasi lapangan terhadap para pengusul bantuan, Pemprov Bengkulu akan menindaklanjuti dengan penyaluran bantuan kepada kelompok-kelompok yang layak menerima.

“Kita banyak menerima usulan dari berbagai kabupaten, terbanyak dari Kaur dan Seluma,” tambah M. Rizon.

Alsintan yang akan dibagikan nantinya mencakup mesin potong rumput, hand sprayer, cultivator, dan hand traktor.

Fokus penggunaan Alsintan ini adalah untuk sektor hortikultura, pertanian, dan perkebunan guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian di wilayah Bengkulu.

“Realisasi bantuan Alsintan direncanakan akan dilakukan pada bulan Juni, dimana kita sudah siap untuk melakukan pembagian kepada kelompok-kelompok tani,” jelas M. Rizon.

Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para petani di Bengkulu dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kegiatan pertanian mereka.

Dengan adanya bantuan Alsintan ini, diharapkan para petani dapat lebih mudah mengelola lahan pertanian mereka serta meningkatkan hasil panen.

Selain itu, bantuan Alsintan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Bengkulu dengan memberikan akses lebih baik terhadap teknologi pertanian yang modern dan efisien.

Pemprov Bengkulu juga berharap bahwa bantuan ini dapat menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi lokal di sektor pertanian, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di wilayah Bengkulu secara keseluruhan.

Dengan langkah ini, Pemprov Bengkulu menegaskan komitmennya untuk terus mendukung dan memajukan sektor pertanian sebagai salah satu pilar utama dalam pembangunan daerah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Provinsi Bengkulu. (admin)

artikel ini telah tayang di radarbengkulu.disway.id

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga