Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

21.250 Hektare Lahan Pertanian di Bekasi Kekeringan, Debit Air Irigasi Ditambah

ktnanasional.com – BEKASI, Lahan pertanian seluas 21.250 hektare di Kabupaten Bekasi terancam gagal panen karena mengalami kekeringan. Subkoordinator Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dodo Hadi Triwardoyo mengatakan, Perum Jasa Tirta II (PJT II) telah menambah debit air irigasi guna mengatasi kekeringan di lahan pertanian tersebut.

“Tinggi muka air di pintu air Kelurahan Kertasari, Kecamatan Pebayuran, itu ada di 92 sentimeter. Seperti pantauan kemarin, aliran air terpantau besar dan deras,” kata Dodo dalam keterangan resmi tertulis, Selasa, 12 September 2023.

Selain wilayah Pebayuran, penambahan debit air irigasi juga dilakukan di daerah Cikarang Barat dan Kedungwaringin. Kedua wilayah itu juga memiliki lahan pertanian yang luas.

Dodo memastikan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi bakal terus berkoordinasi dengan PJT II untuk menambah debit air di lahan pertanian yang terdampak kekeringan. “Untuk daerah lain juga akan dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan,” ujar Dodo.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi menetapkan status Tanggap Darurat Bencana Kekeringan selama 14 hari, mulai 31 Agustus sampai 13 September 2023. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bekasi Nomor : HK.02.02/Kep.567-BPBD/2023 yang ditandatangani Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan pada 31 Agustus 2023.

“Kondisi kekeringan di Kabupaten Bekasi telah mendorong untuk meningkatkan status dari Siaga Darurat Bencana Kekeringan menjadi Tanggap Darurat Bencana Kekeringan,” kata Dani dalam keterangan resmi tertulis.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Bekasi per Selasa, 12 September 2023 pukul 20.00 WIB. Terdapat sembilan kecamatan dan 40 desa mengalami kekeringan. Selain itu, seluas 21.250 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bekasi juga terdampak kekeringan.

Masih ada 3.603 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bekasi yang juga terancam terdampak kekeringan. Sejauh ini sudah 1.953.600 liter air disalurkan kepada warga terdampak kekeringan dari BPBD dan pihak lainnya. (admin)

Artikel telah tayang di metro.tempo.co

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga