Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Aceh Singkil Juara I Lomba Asah Terampil PEDA Petani dan Nelayan Aceh 2023, Wakili Aceh ke Nasional

Ktnanasional.com – NAD Banda Aceh. Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dari Kabupaten Aceh Singkil yang mengikuti lomba asah terampil dalam acara Pekan Daerah (Peda) Petani dan Nelayan Aceh 2023 yang diselenggarakan Distanbun Aceh, di Diklat Saree, Aceh Besar, Jumat (12/5/2023) meraih juara I menyisihkan dua kabupaten lainnya, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Besar.

“KTNA Aceh Singkil, akan mewakili Provinsi Aceh, untuk ikut lomba yang sama pada acara Penas KTNA XVI di Padang, Sumbar, 10 Juni 2023 mendatang,” kata Kadis Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh Ir Cut Huzaimah MP pada acara penutupan  Peda Petani dan Nelayan Aceh 2023, di Diklat Saree, Aceh Besar, Jumat (12/5/2023).

Dalam pidato penutupan acara  Peda Petani dan Nelayan Aceh 2023, Kadistanbun Aceh itu mengatakan, bagi KTNA Kabupaten/Kota yang belum meriah juara I, untuk mewakili Aceh dalam lomba asah terampil Penas KTNA XVI, di Padang Sumbar, 10 Juni 2023 mendatang,  kita harapkan tetap bersemangat dan mudah-mudahan pada kesempatan yang akan datang dapat memenangkan perlombaan.

Kepada KTNA Aceh Singkil yang meraih juara I asah terampil  Peda Petani dan Nelayan Aceh 2023, di Diklat Saree, Aceh Besar, yang akan mengikuti lomba yang sama untuk tingkat nasional di Padang Sumbar, 10 Juni 2023 mendatang, perlu mengasah kembali pengetahuannya tentang berbagai informasi teknologi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan.

Ketua Panitia Pelaksana  Peda Petani dan Nelayan Aceh 2023, Ir Mukhlis mengatakan, pada acara Peda Pertanian dan Nelayan Aceh 2023 ini, dalam Rembug KTNA yang diikuti 23 KTNA Kabupaten/Kota, sudah menetapkan siapa saja yang akan berbicara mewakili petani milenial dengan Presiden Joko Widodo dalam acara Penas KTNA di Padang, 10 Juni mendatang.

Mereka adalah, Marzuki dari Kabupaten Aceh Selatan, untuk acara temu wicara dengan Presiden Joko Widodo. Temu Karya, dari Kabupaten Bireuen. Untuk acara kegiatan pengembangan digitalisasi dan jaringan Informasi Agribisnis, akan diwakili perwakilan dari Simeulue, Pijay, Bener Meriah, Lhokseumawe dan berbagai kegiatan lain yang diselenggarakan Panitia Penas KTNA XVI di Padang 10 Juni 2023 mendatang.

Hasil rembug KTNA Peda lainnya adalah, semua program dan kegiatan terkait sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan kehutanan, yang berkaitan dengan kelompok tani dan nelayan, harus melibatkan KTNA Kabupaten/Kota.

Di akhir laporan penutupannya, Ketua Panitia Mukhlis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan peserta Peda yang terlibat dan telah memberikan dukungan penuhnya untuk mensukseskan acara Peda.

“Kami juga mohon maaf kepada para peserta Peda atas kekurangan pelayanan yang dilakukan panitia pada acara Peda tahun 2023 ini. Anggaran yang tersedia untuk penyelenggaraan acara Peda kali ini, terbatas, dibandingkan anggaran Peda tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Namun begitu, kata Mukhlis, kepada peserta yang akan mengikuti acara Penas KTNA ke XVI di Padang 10 Juni 2023 mendatang, mulai hari ini, kita minta untuk mempersiapkan diri, karena waktunya tinggal 27 hari lagi.

Mukhlis juga mengingatkan, suhu udara di Padang saat ini, sedang musim panas, dan peserta yang ikut Penas KTNA XVI di Padang nanti, akan diinapkan di rumah-rumah penduduk. Kondisi pelayanan di rumah penduduk nanti, serba terbatas dan kita minta peserta Penas KTNA dari Aceh, untuk bisa memaklumi dan memahaminya serta banyak sabar.

Jumlah peserta KTNA dari Aceh, yang akan mengikuti acara Penas di Padang nanti, sebut Mukhlis, bisa mencapai 1.000  orang lebih. Kabupaten/Kota yang telah ditunjuk untuk mengikuti acara Penas KTNA di Padang nanti, dalam acara Rembug Madya Peda di Saree, Kamis (11/5) dan Jumat (12/5), mereka akan mengirimkan anggota KTNA nya,  sekitar 50 – 100 orang.

”Jika ada 10 Kabupaten/Kota  ikut  ke Penas KTNA XVI di Padang dan  mengirim peserta,  jumlahnya bisa mencapai 1.000 orang lebih,” ujar Mukhlis.

Sekretaris KTNA Provinsi Aceh, Junaidi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta  Peda Petani dan Nelayan Aceh 2023, dan pihak lainnya yang telah memberikan dukungan penuhnya, untuk kesuksesan Peda Aceh 2023.

Peda tahun ini, untuk persiapan Penas KTNA ke XVI di Padang, 10 Juni 2023 mendatang.

“Kesuksesan yang kita raih dalam Peda Aceh 2023 ini, menjadi modal sukses peserta KTNA dari Aceh, untuk meraih berbagai juara lomba, di Acara Penas KTNA ke XVI, 10 Juni 2023 nanti,  di Padang.”ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Aceh Singkil Juara I Lomba Asah Terampil Peda Petani dan Nelayan Aceh 2023, Wakili Aceh ke Nasional, Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga