Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Alokasi Dana Otsus 2023 Bangun 4 Hektar Lahan Pertanian di Distrik Sentani Barat

ktnanasional – PAPUA, SENTANI. Pemerintah Distrik ( Pemdis ) Sentani Barat pada tahun 2023 ini melalui alokasi dana Otsus yang dikucurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melakukan pembangunan lahan pertanian seluas empat hektar.

Tepat pada Selasa, 14 November 2023 Pj Bupati Jayapura yang diwakili oleh Delila Giay Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Jayapura secara langsung meresmikan pembangunan empat hektar lahan tersebut dengan melakukan penanaman jagung secara simbolis di lahan kelompok tani sanda pai Kampung Dosay.

Delila Giay Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Jayapura

Delila Giay Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Jayapura (Viktor Done)

Delila Giay sangat mengapresiasi program terobosan yang dilakukan oleh pemerintah distrik melalui dana Otsus.

Lanjut, dengan harapan masyarakat dikampung – kampung dapat benar – benar menikmati dan merasakan manfaatnya dana Otsus oleh orang asli Papua, yang dikucurkan ke setiap distrik.

Yance Samonsabra, SH Kepala Distrik Sentani Barat
Yance Samonsabra, SH Kepala Distrik Sentani Barat (Viktor Done)

Pada kesempatan itu juga Yance Samobra, SH Kepala Distrik Sentani Barat menyampaikan, jika mereka Pemerintah Distrik untuk tahun 2023 ini mengelola dana Otsus sebanyak satu miliar dan khusus untuk pengembangan ekonomi rakyat merdeka membangun lahan pertanian seluas empat hektar di tiga kampung.

Untuk di Kampung Dosay lahannya seluas satu hektar, Kampung Waibron luas lahan satu setengah hektar dan Kampung Maribu ada satu setengah hektar juga. Semua lahan itu akan ditanam aneka tanaman palawija, sayuran dan juga buah – buahan jangka pendek.

 

Yohanes Calvin Done Ketua Kelompok Tani Sanda Pai Kampung Dosay
Yohanes Calvin Done Ketua Kelompok Tani Sanda Pai Kampung Dosay (Viktor Done)
Yance juga menyatakan jika untuk tahun ini mereka fokus di tiga kampung dulu, tahun 2024 nanti mereka akan lanjutkan di dua kampung sisanya yakni Kampung Sabron Yarus dan Sabron Sari, dari keseluruhan kampung lima kampung yang ada di wilayah Distrik Sentani Barat.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Sanda Pai Yohanes Calvin Done yang juga sebagai Ondoafi Kampung Dosay sangat berterima kasih dengan program yang dilakukan para oleh Pemerintah Distrik, baginya, saat ini baru mereka akan bisa merasakan apa itu dana Otsus yang sebenarnya.

Calvin Done juga berharap dari pemerintah untuk selalu ada pendampingan kepada mereka, agar lahan pertanian ini bisa terus digarap sampai berdampak baik bagi masyarakat. Ia juga menyampaikan informasi ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat baik. (admin)

artikel ini telah tayang di lintaspapua.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga