Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

“AMANAH RATU” P4S MODEL PERAIH GOLDEN CERTIFICATE DARI DESA KEBONRATU SERANG BANTEN

ktnanasional.com – BANTEN Serang. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan penghargaan kepada insan pertanian yang berprestasi pada acara Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian tahun 2022 di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Kamis (15/12). Sebanyak 33 Sertifikat Emas atau Golden Certificate diberikan Mentan Syarhrul sebagai penghargaan kepada champion Petani Milenial, Penyuluh Pertanian, dan P4S.

Salah satu penerima Golden Cerificate (Sertifikat Emas) adalah Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Amanah Ratu, yang beralamat di desa Kebonratu kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang Propinsi Banten. Nurul Ulum Thoyib ketua P4S Amanah Ratu mengatakan “Penghargaan ini saya dedikasikan untuk  P4S  dan penyuluh Swadaya  di seluruh Nusantara”, katanya.

Berangkat dari  keinginan dalam penciptaan petani yang berkembang, maju dan mandiri menuju petani sejahtera dalam kemandirian dan mandiri dalam kesejahteraan, berdirilah Pusat Pelatihan Pertanian dan  Perdesaan Swadaya (P4S)  “Amanah Ratu”. Merupakan tempat kegiatan belajar masyarakat tani. Dibangun secara swadaya oleh seorang pemuda tani yang konsisten dalam upaya merubah pola pikir petani dari bertani tradisional menuju pertanian yang berorientasi agribisnis.

Peserta pelatihan di P4S Amanah Ratu

P4S Amanah Ratu mengusahakan komoditi unggulan yang mencakup kelompok komoditi pangan, hortikultura dan ternak. Memiliki fasilitas ruang belajar berkapasitas 40 orang dan memiliki lahan praktek yang setiap saat dapat digunakan sebagai observasi, magang maupun  field trip.

“Terwujudnya pembangunan pertanian di pedesaan yang berorientasi agribisnis dan berdaya saing dengan memperkuat ketahanan pangan daerah yang berakumulasi pada ketahanan pangan wilayah disertai pelestarian dan penyelamatan sumber daya alam”, merupakan VISI dari P4S Amanah Ratu.

Sedangkan misi yang di emban oleh P4S Amanah Ratu : Memberdayakan sumber daya pertanian yang mencakup peningkatan kualitas SDM, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan kelembagaan usaha.

Mendorong dan memfasilitasi masyarakat tani dalam upaya peningkatan ketahanan pangan pada tingkat keluarga, lokal, regional dan nasional dengan sumber daya dan budaya lokal. Serta, mendorong kreativitas petani dalam kegiatan agribisnis dengan memanfaatkan keragaman komoditas sebagai basis kegiatan usaha

Mempunyai kurikulum yang baku, lahan usaha kelompok, lahan praktek, tenaga administrasi dan lapangan serta pengajar dari pelbagai disiplin ilmu, pantas kalau P4S Amanah Ratu tahun ini bisa mendapatkan penghargaan Sertifikat Emas dari Kementerian Pertanian.

Sebut saja jika ingin belajar  tentang pupuk organik dan pestisida nabati ada Rohman, S.P.,M.M. tenaga pengajar lainnya seperti Ir. Edi Suhardiman, MM  bidang kelembagaan kelompok tani, Ir. Jupri Wuriyanto pakar tanaman hortikultura, Ir. Bayu Chandra Wijaya ahli bidang tanaman hortikultura, Uus Kuswandi, SP ahli bidang OPT dan Nurul Ulum Thoyib ahli budidaya Melon.

“Tetap semangat Jangan berhenti berjuang untuk petani dan pertanian Jangan lelah untuk menjadi pembaharu Perdesaan”, pesan Ulum. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga