Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Atas Permintaan Warga Pantas Marroha Sinaga Beri Bantuan Bibit Lele Ribuan Ekor

ktnanasional – SUMATERA UTARA, SAMOSIR. Anggota DPRD Samosir dan juga sebagai Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga berikan bantuan bibit Ikan Lele sebanyak 5500 ekor di Desa Saornauli, Kecamatan Palipi.

“Bantuan ini kita berikan atas permintaan warga Saornauli melalui kelompok tani. Sebelumnya saya sudah tiga kali bersosialisasi pengembangan pertanian, perikanan, dan peternakan kepada mereka supaya terlebih dahulu mereka mempersiapkan kolamnya,” kata Pantas Marroha Sinaga kepada Wartawan, Rabu, 8 November 2023.

Ia mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kebutuhan ikan di Samosir sebagaimana dijelaskanya bahwa Keramba Jaring Apung (KJA) sudah ditertibkan di Danau Toba.

“Kita sudah berjalan bersama masyarakat, bahwa potensi di Desa Saornauli sebenarnya sangat luar biasa, banyak lahan yang tidur, yang tidak dikelola, tentu kita sebagai ketua KTNA dan juga sebagai anggota DPRD kabupaten Samosir memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa meningkatkan ekonomi khususnya melalui budidaya ikan kolam darat,” terang Pantas Marroha Sinaga.

Lebih lanjut dijelaskanya, bahwa pemberian bantuan bibit ikan itu masih diberikan tiap tiap keluarga, ada yang menerima 300, 500, 1000, ekor, kedepanya akan dibuat kelompok budidaya ikan kolam darat.

“Kalau belum bisa menambah pundi-pundi ekonomi, setidaknya bisa menutupi untuk kebutuhan ikan sehari-hari,” pungkasnya.

Ketika ditanya, apakah pemberian bantuan tersebut bernuansa politik, mengingat bahwa dirinya merupakan salah satu calon legislatif dari dapil yang mencakup Kecamatan Palipi dan Kecamatan Nainggolan. Ia tidak membantah bahwa dirinya merupakan orang politik.

“Ini merupakan tanggungjawab saya sebagai ketua KTNA kabupaten Samosir, melihat bahwa kekurangan ikan untuk kebutuhan kabupaten Samosir masih cukup besar.”

Ia mengatakan bahwa pemberian bantuan benih ikan itu dilakukan diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir bagi warga yang membutuhkan, menurutnya jumlah benih ikan yang diberikan kepada warga Samosir sudah mencapai ratusan ribu ekor.

Masyarakat Desa Saornauli penerima bibit bantuan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pantas Marroha Sinaga. hal ini disampaikan Mangambit Hutasoit, ketua Kelompok Tani Rim ni tahi Desa Saornauli bersama bendaharanya Petrus Keko.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan Pantas Sinaga, kami tidak bisa membalasnya dengan materi, kami berdoa semoga ketua itu sehat selalu dan diberkati Tuhan,” ucap Mangambit Hutasoit.(admin)

artikel ini telah tayang di indofakta.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga