Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Audensi dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, KTNA Kota Samarinda Siap Kembangkan Pertanian Kota Berbasis Kelompok.

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, SAMARINDA. Ditengah kesibukan mengurus lahan garapan dan ternak, Pengurus KTNA Kota Samarinda menyempatkan diri untuk bersilaturrahmi dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KTNA Kota Samarinda Adung KS Utomo didampingi oleh Sekretaris KTNA Kota Samarinda Yusuf Arif Setiawan, Wakil Ketua III Bidang Kepemudaan dan Kaderisasi Sunil Afianoer H dan Wakil Sekretaris II Musyda Hadaitullah.

Ditemui oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda HM.Darham beserta jajaran tampak hadir Kabid Sapras, Kabid Peternakan dan Staff dinas.

Dimulai dengan penyampaian hasil Rembug Paripurna, Ketua KTNA Kota dalam menyampaikan perkembangan KTNA Kecamatan yang sebelumnya hanya 4 kepengurusan sekarang sudah menjadi 5 kepengurusan di tingkat Kecamatan yang terdiri dari Pengurus KTNA Sambutan  diketuai oleh H Aris, Pengurus KTNA Palaran Athok Purnomosidi, Pengurus KTNA Samarinda Utara dan Sungai Pinang Dalam diketuai oleh Sunil Afianoer H, Pengurus KTNA Sungai Kunjang dan Samarinda Ulu diketuai oleh M Nanang dan terakhir Pengurus KTNA Loa Janan Ilir dan Samarinda Seberang diketuai oleh Samsuni.

“ Tahun pertama kepengurusan ini kami fokus untuk pendataan Petani pak, agar kami bisa tahu jumlahn anggota KTNA se samarinda dan potensi wilayah serta komoditi yang ada ditiap Kecamatan” kata Adung di Kantor Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda (Selasa, 09/01/2024)

Selanjutnya setelah proses tersebut, setiap KTNA Kecamatan mampu memunculkan satu komoditi sebagai unggulan dari wilayah kerja mereka.

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas rencana akan dilaksanakannya Pra PEDA di Kota Samarinda pada tahun 2024 ini yang akan bertempat di Kecamatan Sambutan serta persiapan untuk mengikuti KTNA EXPO di Tabanan Provinsi Bali dipertengahan tahun 2024 nanti.

“Harapan Kami dari Pra PEDA terjadi proses seleksi pelaku usaha pertanian dalam arti luas sebelum dipilih ikut agenda tahunann PEDA 2025 yang akan dilaksanakan di Kutai barat 2025 dan juga tahapan selanjutnya sebelum akan ikut PENAS 2026 di Provinsi Gorontalo” tegas Adung.

Pada seleksi PEDA dan PENAS, KTNA Kota Samarinda akan menerapkan sistem skoring pada pelaku usaha baik dari segi keaktifan petani dalam kegiatan kelompok ktna maupun dalam proses pengembangan komoditi yang ditekuni. Sehingga para peserta yang akan diikutkan harus terdaftar sebagai anggota aktif KTNA atau Kelompok Tani diwilayah kecamatan dan peserta yang dikirm dipastikan memiliki kegiatan atau usaha pertanian yang memiliki keunggulan diatas rata-rata dari umum.

“Kedepannya seluruh Peserta PEDA dan PENAS setelah kembali ke daerah masing-masing akan dilakukan evaluasi baik dari segi usaha dan juga penyebaran ilmu yang didapat dari kegiatan yang sudah diikuti tersebut” kata Adung.

Sambutan yang baik disampaikan oleh H M Darham selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda atas rencana kerja dan usaha yang sudah dilakukan oleh Ketua KTNA Kota Samarinda beserta jajarannya.

“Harapan Kami KTNA Kota Samarinda bisa berperan aktif menjadi mitra strategis Pemerintah Kota  khusunya dinas ketahan pangan & pertanian” kata Darham

Darham menyampaikan Program yang dicanangkan Walikota Samarinda dengan harapan KTNA Kota samarinda bisa bersinergi mendukung kebijakan tersebut. Diantaranya dalam menekan inflasi Pemkot melakukan penanaman 10 ha cabe, mengaktifkan kembali Rumah inflasi, Memperluasan sawah di Kota Samarinda serta membentuk pasar penyeimbang ketika terjadi lonjakan harga di pasar.

“Evaluasi kinerja dan produktivitas sangat tepat dilakukan untuk mereka yang diikutkan PEDA dan PENAS, harapannya pemberangkatan bagi peserta dikegiaatan tersebut sepulangnya membawa perubahan, setidaknya berdampak pada produktivas komoditi yang digeluti”ujar Darham

Silaturrahmi kemarin diakhir dengan diserahkannya Surat Keputusan Kepengurusan KTNA Kota Samarinda periode 2023-2028 kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda yang mana beliau termasuk sebagai anggota Dewan Pembina dikepengurusan baru tersebut. (es/admin)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga