Sabtu, 20 April, 2024

Artikel Terbaru

Badan Standardisasi Instrumen Pertanian

ktnanasional.com – Jakarta.  Perubahan dari Badan Litbang Pertanian menjadi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) pada akhirnya membawa Unit Pelaksana Teknis (UPT) pendukungnya bertransformasi dengan tugas dan fungsi baru. Salah satunya Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) menjadi Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) atau dikenal menjadi BSIP Penerapan.

Setelah bertransformasi menjadi BSIP pasca terbitnya Perpres 117 Tahun 2022 tentang Kementerian Pertanian pada tanggal 21 September 2022, Balitbang Pertanian kemudian berkonsolidasi bersama menyusun Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah BSIP.

Pada akhirnya, Senin 06 Februari 2023 Peraturan Menteri Pertanian Nomor 13/2023 Tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT Lingkup BSIP Kementan pun hadir. Dari Permentan tersebut diuraikan UPT ex Balitbang Pertanian mulai berganti nama sesuai dengan tupoksi baru yang diemban oleh BSIP yakni sebagai lembaga yang sebelumnya berfokus pada penelitian dan pengembangan pertanian menjadi standarisasi instrumen pertanian.

Pembangunan pertanian memerlukan sebuah standar instrumen pertanian demi menjamin mutu dari proses dan produk hasil pertanian. Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) lahir pada 21 September 2022 melalui Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2022 yang memiliki tugas menyelenggarakan koordinasi, perumusan, penerapan, dan pemeliharaan, serta harmonisasi standar instrumen pertanian.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Badan Standardisasi Instrumen Pertanian menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan kebijakan teknis perencanaan dan program, perumusan, penerapan, dan pemeliharaan, serta harmonisasi standar instrumen pertanian;
  2. Pelaksanaan koordinasi, perumusan, penerapan, dan pemeliharaan serta harmonisasi standar instrumen pertanian;
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan koordinasi, perumusan, penerapan, dan pemeliharaan serta harmonisasi standar instrumen pertanian;
  4. Pelaksanaan tugas administrasi Badan Standardisasi Instrumen Pertanian; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri. (admin)
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga