Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Ragunan Jakarta Selatan

ktnanasional.com – DKI Jakarta Selatan.  BPP diharapkan memainkan lima peran penting yaitu sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, dan pusat konsultasi agribisnis, serta pusat pengembangan jejaring dan kemitraan. Tidak hanya di pedesaan tetapi peran ini juga berlaku di perkotaan.

Sebagai pusat pembelajaran, BPP Ragunan telah mengembangkan Agro Edukasi Wisata (AEW) Ragunan, yang dikembangkan di lahan BPP. Agro Edukasi Wisata Ragunan didirikan oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian sebagai tempat percontohan pertanian perkotaan untuk edukasi. Lokasi AEW letaknya berseberangan dengan kantor pusat Kementerian Pertanian RI, dengan berjalan kaki kita sudah dapat mencapai AEW dari komplek Kementan RI.

Budidaya Bawang di Lahan BPP yang menjadi bagian dari AEW Ragunan

Agro Edukasi Wisata ini merupakan pengembangan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Ragunan sebagai pusat penyediaan bibit tanaman milik Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP). Dengan luas sekitar 2,2 hektar BPP menjadi pusat edukasi percontohan pertanian perkotaan, khususnya di Jakarta Selatan.

Agro Edukasi Wisata Ragunan merupakan sarana edukasi atau pembelajaran bagi masyarakat umum, komunitas maupun siswa sekolah mengenai teknologi budidaya di sektor pertanian, peternakan dan perikanan.  Selain teknologi budidaya, AEW Ragunan juga sebagai sarana pembelajaran untuk teknologi pengolahan hasil baik hasil pertanian, peternakan maupun perikanan.  Diharapkan teknologi yang ada, dapat diadopsi oleh masyarakat untuk dapat diaplikasikan di lingkungannya. Kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan yang mencakup kegiatan dari hulu sampai hilir.

Tanaman Dalam Pot di Lahan AEW Ragunan

Selain kegiatan edukasi, AEW Ragunan juga menawarkan komoditas hasil sayuran segar, susu sapi segar dan ikan. Tidak hanya produk segar, AEW Ragunan juga menawarkan produk olahan hasil yang merupakan produk binaan dari UKM binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kota Administrasi Jakarta Selatan. (admin/jadesta)

Jadesta : Jaringan Desa Wisata

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga