Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Bangun sinergitas KTNA Babel bersama Pemdes Labuh Air Pandan belajar berkebun sawit di Tempilang

ktnanasional.com – BABEL Bangka Barat.  Salah satu fungsi dan peran KTNA adalah sebagai mitra pemerintah dalam hal ini sebagai penghubung atau pembuka akses bagi para petani dan nelayan. Sesuai arahan dari ketua KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Jawarno KS, S.Ip, untuk terus bergerak dan membumikan KTNA sampai ke pelosok desa.

 

Ketua bidang pemuda tani Millenial KTNA Babel Edi Subiantoro yang juga sebagai ketua BPD desa Labuh Air Pandan, bersama sama dengan Pemerintahan desa Labuh Air Pandan pada hari Selasa 07 Februari 2023 melakukan kunjungan kerja ke KUD Bina Tani Sejahtera di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat terkait kerjasama dalam bidang perkebunan kelapa sawit.

 

Rombongan Kunjungan Kerja dipimpin langsung oleh kepala desa Labuh Air Pandan Badarudin. Rombongan terdiri atas Perangkat Desa, BPD, Pengurus Bumdes dan Pengurus Gapoktan. Rombongan disambut dan diterima dengan baik oleh ketua KUD H. Burhadi,  ketua KSP H. Sastradinata beserta jajaran dan para ketua Poktan yang berada dibawah naungan KUD.

Dalam kata sambutannya, kades Labuh Air Pandan Badarudin mengungkapkan bahwa kunker ini dalam rangka menjalin silahturahmi dan sebagai ajang belajar bagi pemdes Labuh Air Pandan. Desa Labuh Air Pandan memiliki potensi sumber daya lahan yang cukup luas, tapi belum dikelola dengan baik untuk meningkatkan perekonomian disektor perkebunan kelapa sawit. Dengan kunker ini kades berharap dapat membuka wawasan teman teman perangkat desa, BPD, Bumdes dan Gapoktan. Yang nantinya bisa menerapkan pola kerjasama yang baik dalam memanfaatkan sumber daya lahan yang ada, sehingga bisa menambah pendapatan asli desa dan dapat mendukung pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Terkait hal tersebut sekdes Labuh Air Pandan, Asnan menambahkan bahwa dengan sumber daya lahan yang di miliki, tapi belum termanfaatkan dengan semestinya dikarenakan kurangnya modal untuk membuka kebun sawit. Hingga saat ini belum ada akses permodalan yang bisa digunakan untuk membangun kebun petani di desa labuh air pandan. Asnan berharap selain bisa membuka wawasan, agar nantinya bisa ada yang dapat membantu permodalan atau setidaknya ada yang bisa menjembatani dengan calon investor.

 

Dalam paparannya ketua KUD Bina Tani Sejahtera H. Burhadi mangatakan bahwa KUD yang dia pimpin sudah berdiri sejak tahun 1995. Sampai saat ini KUD memiliki anggota sebanyak 1250 petani yang terdiri dari 20 kelompok tani. Kemitraan plasma murni dengan pola KKPA. Seiring berjalannya waktu Alhamdulillah KUD ini terus berkembang, bahkan keanggotaannya sudah menyebar di kabupaten Bangka barat dan kabupaten Bangka. Burhadi menyambut antusias kunjungan kerja dari pemdes Labuh Air Pandan, dan Insha Allah siap untuk berbagi sedikit pengalaman terkait kerjasama di bidang perkebunan kelapa sawit.

 

Ikut menambahkan ketua Koperasi Simpan Pinjam Yang merupakan hasil pengembangan dari unit usaha KUD Bina Tani Sejahtera, H. Sastradinata  bahwa untuk kegiatan simpan pinjam berjalan lancar tanpa tunggakan. Hal ini karena kebun petani dikelola sepenuhnya oleh pengurus kelompok tani di bawah KUD. Jadi seluruh petani anggota hanya menerima hasil bersih panen TBS yang sudah dipotong seluruh biaya.

 

Besaran hasil bersih yg diterima petani sebanyak 70% dan 30 % nya untuk potongan hutang pembangunan kebun. Rata rata petani anggota masih menerima hasil dikisaran 2,5  hingga 3 juta rupiah per bulannya. Perputaran uang di KUD perharinya bisa mencapai 1 milyar. Sampai dengan saat ini aset dari KUD Bina Tani Sejahtera sudah mencapai puluhan milyar. Kunci dari semua itu adalah komitmen dan ketekunan dari seluruh pengurus dan petani anggota dalam satu wadah KUD Bina Tani Sejahtera.(es)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga