Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Bangunan Balai Penyuluh Pertanian di Pamarican Ciamis Tidak Layak Huni, Terancam Ambruk

ktnanasional.com – CIAMIS, Kondisi bangunan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Pamarican Ciamis saat ini bisa dikatakan masuk dalam kategori rusak berat.

Begitulah yang disampaikan oleh Koordinator Balai Penyuluh Pertanian, Ani Alviah, menerangkan kondisi bangunan BPP Pamarican yang tidak layak huni bahkan terancam ambruk.
Kerusakan bangunan Balai Penyuluh Pertanian yang beralamat di Dusun Pamarican, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis itu sudah berlangsung beberapa tahun ke belakang.
“Dari kondisi fisiknya, dindingnya, atapnya, sebagian besar sudah sangat rusak,” ujar Ani.
Ani menyampaikan bahwa bangunan BPP Pamarican sendiri dibangun pada 2007.
Untuk bangunan depan pernah direhabilitasi satu kali sekitar tahun 2016-2017, juga pada ruang aula pernah dilakukan rehabilitasi kecil pada sebagian rangka atap.
Pihaknya berharap, kondisi bangunan BPP tersebut bisa mendapat perhatian lebih dari pemerintah.
Karena bagaimanapun BPP itu merupakan rumah petani, di mana pertanian adalah sektor utama untuk pemasukan pendapatan daerah di Ciamis.
“Jadi kami mohon juga, kami mendapat perhatian untuk perbaikan,” tutur Ani.
Namun yang paling utama saat ini, lanjut Ani, yang dibutuhkan pihaknya adalah tentang status lahan.
Terkait dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sebetulnya ada dari Kementerian.
Hanya saja, Ani mengatakan, persyaratan status lahan yang akan dibangun bangunan BPP harus berstatus tanah lahan milik Pemda.
“Untuk itu, kami mohon juga ke Pemda Kabupaten Ciamis untuk bisa memprioritaskan penganggaran pembelian lahan untuk bangunan BPP Pamarican,” ungkap Ani.
“Mudah-mudahan bisa lebih cepat. Untuk 2024, yang paling dekat,” sambungnya.
Ani menekankan bahwa pengadaan bangunan Balai Penyuluh Pertanian dengan kondisi yang layak, perlu menjadi prioritas, mengingat kondisi keselamatan pegawai.
“Karena mengingat ancaman keamanan dari kami, pegawai di BPP Pamarican, melihat kondisi bangunan yang (rusak) seperti sekarang ini,” pungkasnya. (admin)
artiker telah tayang di insiden24.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga