Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Banyak Petani di Tuban Gagal Panen, Pemkab Tuban Godok Kebijakan Subsidi Asuransi Pertanian

ktnanasional.com – TUBAN, Banyaknya petani di Kabupaten Tuban yang mengalami gagal panen beberapa hari terakhir ini, langsung mendapatkan respon cepat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Diketahui, lahan petani yang mengalami gagal panen tersebut, terjadi di daerah Tuban Selatan. Tepatnya di Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban yang rusak akibat adanya serangan hama wereng.

Akibatnya, tanaman padi yang semula tumbuh dengan normal, mendadak menjadi busuk dan mengering. Kondisi ini sendiri, membuat para petani frustasi, sehingga memilih untuk mencabuti tanaman padi yang rusak dan kemudian membakarnya.

Merespon hal tersebut, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan jika ia telah menerjunkan petugas dari OPD terkait, untuk melakukan investigasi. Sehingga, nantinya aka nada program-program dari pemerintah kepada para petani yang gagal panen tersebut.

“Akan ada program pemerintah yang gagal-gagal panen ini, akan mendapat intervensi dari pemerintah,” katanya saat ditemui, Jumat (7/7/2023).

Adapun program tersebut, lanjutnya, salah satunya ialah Pemkab Tuban juga akan memberikan jaminan ketenagakerjaan, kepada kurang lebih 10 sampai 17 ribu buruh tani yang ada di Kabupaten Tuban.

Hal ini sendiri, dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Tuban untuk memberikan jaminan ketenagakerjaan, kepada buruh tani yang ada di Kabupaten Tuban.

“Data yang kami terima sampai hari ini kurang lebih sekitar 17 sampai 18 ribu dan insyaallah itu sudah kita siapkan kegiatannya, dan ini akan kita realisasikan jaminan ketenagakerjaan untuk teman-teman buruh tani,” jelasnya.

Selain jaminan ketenagakerjaan, Lindra sapaan akrabnya, juga mengaku memiliki banyak program lainnya. Seperti halnya asuransi yang siap untuk mengcover apabila terdapat lahan pertanian yang mengalami gagal panen.

“Kita sudah menjembatani iya, nanti ini juga akan kita godok. Kalau memang masih bisa hitung-hitungannya kita juga akan memberikan subsidi sedikit, untuk asuransi pertanian dan nelayan,” imbuhnya. [bloktuban/Sav/ Dwi]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga