Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Basmin Panen Padi dari Uji Coba Varietas Cakrabuana

ktnanasional – SULAWESI SELATAN, LUWU. Bupati Basmin Mattayang melakukan pemotongan padi bersama Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Jumardin, Kadis Ketahanan Pangan Andi Makkawaru, Ketua Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Luwu Dahsan Lubis dan Forkopimcam Suli yang dilanjutkan menaiki combine harvester.

“Seperti ini yang kita harapkan. Ada hasil yang dibawa dari mengikuti Penas. Alhamdulillah, KTNA membawa varietas baru untuk diujicoba dan hasilnya bagus,” ungkap Basmin dalam sambutannya.

Basmin pun menambahkan agar varietas tersebut dapat dikembangkan untuk dapat dijadikan bibit padi unggulan di Kabupaten Luwu.

“Kita lihat ini bagus. Jadi bisa dikembangkan supaya bisa meningkatkan income perkapita para petani kita. Bangsa ini akan anjlok dan hancur jika tidak ada petani. Sumber kehidupan kita dari petani,” pungkas Basmin Mattayang.

Berdasarkan data BPS Kabupaten Luwu, perekonomian Kabupaten Luwu secara makro tahun 2022 menggambarkan mata pencaharian penduduk sebagian besar yaitu 53,80% didominasi pada sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Luwu dalam laporannya menjelaskan hasil ubinan untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi diperoleh sekitar 7,2 ton per hektar.

“Karena kita hanya melakukan uji coba diluasan lahan 0,2 hektar atau 20 are sehingga diperkirakan kita memperoleh 1,4 ton. Ini diatas rata-rata produksi di Kecamatan Suli bahkan di Kabupaten Luwu yang rata-rata 5,5 ton per hektar,” jelas Jumardin.

“Deskripsinya varietas ini berpotensi mencapai 10,3 ton per hektar. Mudah-mudahan hasil ini dapat kita capai setelah kita melakukan ujicoba lanjutan,” imbuh Jumardin.

Ketua KTNA Kabupaten Luwu, Dahsan Lubis dalam sambutannya menyampaikan bahwa padi yang dipanen tersebut merupakan varietas padi yang dibawa dari Pekan Nasional KTNA 2023 di Kota Padang, Sumatra Barat beberapa bulan lalu.

“Varietas ini untuk kita ujicoba di Kabupaten Luwu. Ini varietas Cakrabuana. Ada juga varietas Herkules yang ditanam di Kecamatan Belopa dan hasilnya meningkat,” ujar Dahsan Lubis.

Tak luput, Ia menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemkab Luwu pada kegiatan-kegiatan KTNA dalam upaya meningkatkan produksi petani. (admin)

artikel ini telah tayang di rakyatsulsel.fajar.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga