Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Bersama KTNA dan PPPSI, Badan PPSDMP berencana adakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian Swadaya.

ktnanasional – JAKARTA. Untuk meningkatkan produksi pertanian dalam arti luas, Kemeterian Pertanian Republik Indonesia telah banyak melakukan inovasi dan program pengembangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan dinegeri tercinta ini.

Seperti yang kita ketahui Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sedang giat melakukan kunjungan ke berbagai daerah untuk memastikan program-program dari Kementerian yang dipimpin olehnya bisa berjalan dengan baik.

Untuk mendukung program peningkatan produksi hasil pertanian menuju Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia di Tahun 2045 pada hari ini Rabu (08/05/2024) berlokasi di Kantor Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Gedung D Kementerian Pertanian Jl.RM Harsono No.3 Ragunan, Jakarta dilakukan rapat persiapan untuk Pelatihan Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian Swadaya.

Dipimpin oleh Ketua Kelompok Substansi Program dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian Zuroqi Mubaroq, SE, MP yang akrab di sapa Oki, rapat tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Ir. H.M. Yadi Sofyan Noor, SH, dan Ketua Umum Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (PPPSI) H. Otong Wiranta, S.P.,M.M

Dalam pembahasannya tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut antara lain untuk memantapkan eksistensi Penyuluh Pertanian Swadaya melalui peningkatan Kompetensi, Peran aktif PPS dalam mendukung peningkatan produksi padi Jagung dan Kedelai, Revitalisasi peningkatan kompetensi PPS dalam mendukung program pemerintah di program pembangunan pertanian, Peningkatan dukungan PPS dalam mensukseskan Upaya Khusus (UPSUS) antisipasi darurat pangan serta memantapkan eksistensi dan kompetensi PPS dalam rangka mendukung program pembangunan pertanian.

Adapun rencana materi yang akan disampaikan antara lain Kebijakan Penyuluh Pertanian Swadaya oleh Kepala Badan PPSDMP, Program pembangunan pertanian oleh Sekjen atau Biro Perencanaan Badan PPSDMP, . Metodologi penyuluhan pertanian oleh Kapusluh atau Penyuluh Pertanian Pusat, Peran aktif Penyuluh Pertanian Swadaya oleh Ketua Umum KTNA dan Tindak lanjut kegiatan oleh Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (PPPSI)

Disampaikan dalam pertemuan tersebut, pelatihan akan dilaksanakan pada bulan juni 2024 dengan target jumlah peserta sekitar 10.000 orang Penyuluh Pertanian Swadaya dari seluruh Indonesia. (admin)

spot_img
spot_img

8 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatu Dalam tercapainya ketahanan pangan nasional KTNA Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia harus andil disemua sektor pertanian dan saling memberikan informasi kepada para petani agar tercapainya Indonesia sebagai Lumbung pangan

    • Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh….betul sekali pak,semua pihak harus pro aktif untuk terwujudnya kedaulatan pangan di Negeri tercinta

  2. Untuk mewujudkan Program ketahanan pangan dalam hal ini peningkatan produksi Padi dan jagung, saya ingin usulkan yaitu kembalikan program tahun 1980 an yaitu program INSUS PAKET A ,SAMPAI PAKET D.
    2. Kembalikan sistim penyuluhan ke Pusat dalam hal ini Penyuluh Pertanian harus ada di kementerian Pertanian agar semua urusan pertanian hanya satu komando.
    3. Peningkatan Kesejahteraan Penyuluh Pertanian, karena dalam hal ini PP masuk dalam katagori pekerja yg berisiko tinggi, karena pekerjaannya ada dilapangan.
    Inilah program yang bisa mengangkat kembali di internasional swasembada Beras ,sehingga Indonesia menerima penghargaan dari PBB.

  3. Perlu adanya peran penyuluh yg lebih pro aktif. Dan adanya perhatian pemerintah dalam hal ini kementan. Dalam hal terwujudnya ketahanan pangan di seluruh daerah.

  4. assalamualaikum wr wb , perlu terobasan untuk mencapai tujuan indonesia sebagai lumbung pangan dengan menerapkan metode yang tepat agar hasil melimpah dan perlu tindakan yang bijak agar tanah tidak rusak

  5. Semoga tidak hanya seremonial aja

    Lebih kepada teknis dan kebutuhan masyarakat petani d bawah

    🙏🙏

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga