Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

BINTORO PENGELOLA P4S MAJU BERSAMA KABUPATEN BANGKA

ktnanasional.com – BABEL Bakam. Hari kedua ketua umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor ke provinsi Bangka Belitung mengunjungi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) MAJU BERSAMA. Berlokasi di desa Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. P4S ini terletak di tengah hamparan kebun Kelapa Sawit.

Bintoro selaku pengelola P4S Maju Bersama menyampaikan luas lahan yang dikelola ada 7 hektar khusus untuk komoditi hortikultura, beragam sayur mayur. Secara rutin menerima pelatihan dan magang pemuda tani milenial dari seluruh wilayah yang ingin belajar di tempatnya. “Pelatihan disini kita gratiskan, wadah menginap ada juga fasilitas standar seperti kamar mandi dan mushola tempat beribadah”, kata Bintoro.

Saat ditanya apa yang menjadi tantangan dalam mengelola P4S Maju Bersama, Bintoro menyampaikan godaan terbesar adalah bujukan dari sekelilingnya untuk menggati lahan hortik nya dengan tanaman Kelapa Sawit. Seperti ada beberapa P4S di wilayah Babel yang sudah berubah menjadi kebun Sawit, mengganti komoditi awal yang menjadi ikon P4S mereka.

Pada kunjungan kali ini ketua umum KTNA didampingi oleh ketua KTNA provinsi Babel, ketua KTNA Kabupaten serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan provinsi Babel selaku pembina. Masyur, SH kepala desa Bakam yang juga sebagai ketua KTNA Kabupaten Bangka menyambut kunjungan Ketua Umum KTNA beserta rombongan.

Jawarno KS, S.Ip ketua KTNA Provinsi Babel pada kesempatan dialog menyampaikan supaya KTNA disemua tingkatan berkolaborasi dengan dinas teknis terkait. Dengan kehadiran ketua umum sangat diharapkan untuk bisa lebih memberi semangat supaya KTNA bisa duduk bersama, merencanakan program pembangunan pertanian di Babel. Skala  prioritas supaya dijadikan dasar dalam menyusun perencanaan.

Mengingat ketergantungan pangan provinsi Babel dari luar masih sangat tinggi. Mulai dari beras serta bahan pangan lainnya masih didatangkan dari luar. Kedepan bagaimana kitab bisa meningkatkan produksi pertanian terutama padi sawah dan hortikultura pada lahan lahan yang sudah ada. “Disini peran penting P4S untuk melatih dan mendidik siapa saja yang ingin belajar ilmu pertanian supaya dapat meningkatkan produktivitasnya”, kata Jawarno.

Sementara itu ketua umum KTNA Nasional menyampaikan sejarah P4S. terbentuknya P4S tidak terlepas dari peran KTNA, tahun 1983 pada saat PENAS di Lampung dicetuskan untuk membangun tempat magang yang dikelola oleh para pengurus KTNA yang usahanya sudah mapan dan bisa menjadi contoh buat pelaku usaha pertanian yang lain.

Sofyan juga mengingatkan bahwa peran dari KTNA adalah sebagai mitra dari pemerintah, disemua tingkatan harus dekat dengan pemerintah.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi yang baru baru ini berkunjung mengatakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Maju Bersama merupakan lembaga resmi pelatihan pertanian bagi petani yang diakui pemerintah.

Karena resmi dan tergistrasi maka P4S Maju Bersama boleh mengeluarkan sertikat pelatihan bagi petani yang berlatih melalui lembaga tersebut, “Sertfikatnya sah,” kata Edi Romdhoni. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga