Minggu, 21 April, 2024

Artikel Terbaru

Biourine ++ dari KTNA Lubuklinggau

ktnanasional.com – PENAS, Gelaran Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS) XVI tahun 2023 berlangsung selama 6 (enam) hari pada tanggal 10-15 Juni 2023 di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat telah berlalu. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta PENAS dari seluruh Indonesia adalah rangkaian kegiatan Peragaan, Unjuk Tangkas dan Asah Terampil (PUA).

Kegiatan PUA dilaksanakan selama 3 (hari), yakni 11-12 Juni 2023 untuk Peragaan dan Asah Terampil serta 13 Juni 2023 untuk Unjuk Tangkas. Setiap provinsi yang ikut serta pada kegiatan ini saling berlomba menampilkan kemampuan dan inovasi pertanian yang dimiliki.

“Kegiatan Peragaan, Unjuk Tangkas, dan Asah Terampil ini menjadi pembicaraan di antara peserta PENAS. Kegiatan ini sudah kami persiapkan sejak lama dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Kami sudah atur sedemikian rupa supaya Peragaan, Unjuk Tangkas dan Asah Terampil ini tidak hanya menjadi ajang unjuk gigi, tetapi juga silaturahmi dan bertukar informasi antar-petani,” ujar Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman selaku Ketua II dari kegiatan.

Kontingen KTNA Sumatera Selatan asal Lubuklingau yang diwakili oleh Hermanto, sutejo dan Yudho laksono dengan meyakinkan memperagakan inovasi yang mereka persiapkan dari jauh hari. Antusiasme peserta dan penonton peragaan cukup tinggi terbukti banyak peserta dan penonton yang bertanya bahkan sampai kehabisan waktu, padahal masih banyak yang ingin bertanya langsung. Akhirnya para penanya menemui para penyaji dibelakang panggung peragaan bahkan sebagian melanjutkan dengan saling bertukar kontak person dengan tim peragaan KTNA lubuklinggau.

BIOURINE ++ adalah solusi pemenuhan pupuk organik ramah lingkungan memanfaatkan urine sapi yang jarang dimanfaatkan peternak, melalui proses fermentasi 7 hari urine sapi langsung dapat digunakan oleh petani, selain itu dalam BIOURINE++ juga terdapat trichoderma yang akan sangat bermanfaat dalam membenahi tanah yang tergolong marginal.

Hebatnya BIOURINE++ adalah didalamnya terdapat bahan aktif pestisida nabati khususnya pengendali fusarium, uret, anjing tanah, semut dan kuti daun. Sumber bahan aktif berasal dari campuran bahan jahe, lengkuas, kunyit, daun sirsak, serai wangi dan bahan tambahan lainnya yang selama ini dibuat terpisah dengan pupuk organik. Jadi BIOURINE++ diharapkan menjadi solusi bagi petani saat menghadapi kelangkaan pupuk dan juga mengurangi dampak negatif pestisida sintetik. (ktnalubuklingau/admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga