Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Boh Gadoeng Tanaman Langka Dengan Multi Mamfaat, Ampuh Menjadi Obat Hingga Bahan Kue

ktnanasional – ACEH, SIGLI. Boh gadoeng sebutan nama buah dalam Bahasa Aceh. Terkadang, warga menyebutkan boh gadoeng adang sejenis ubi ungu atau umbi. Tekstur buahnya berbeda dengan ubi jalar biasa.

Tanaman boeh gadong jenis tanaman merambat pada batang pohon lain disekelilingnya, sehingga mampu mengular hingga memanjat sepuluh meter.

Boh gadoeng itu memiliki akar berwarna ungu dan putih. Fungsi akar mencari nutrisi untuk ditrasfer ke batang hingga buah di dalam tanah.

Sebab, buah tanaman itu berkumpul di bagian dasar batang di dalam tanah. Sehingga saat dipanen, tanah harus dibongkar secara hati-hati supaya buah tidak terkena cangkul.

Tanaman tersebut mudah tumbuh subur secara alami, tanpa perawatan dan tidak pakai pupuk. Biasanya petani mengambil potongan buah di masukkan ke dalam tanah yang telah digali.

Lokasi dipilih dekat batang pohon, sehingga tanamah boh gadoeng mudah menjalar ke atas pohon.

Saat ini, boh gadoeng merupakan buah langka yang sangat sulit dicari di pasar tradisional. Sebab, tanaman itu tidak semua warga menanamnya.

Warga di pedalaman sering mengkosumsi boh gadoeng, yang dipercayakan ampuh sebagai obat. Rahasia boh gadoeng dipercaya warga bisa menyembuhkan lambung.

Syaratnya buah itu dimakan mentah setelah dibersihkan. Sebab, boh gadoeng memiliki lindir jika disantap mentah.

Selain itu, kepecayaan warga buah itu bisa untuk jantung.

Saat ini, boh gadoeng mulai dilirik kaum hawa untuk dijadikan bahan kue. Seperti untuk timphan, bubur dan bisa digoreng.

Boh gadoeng juga enak disantap dengan kelapa yang telah dibarut.

Nurhayati (72) warga Gampong Seureukui, Kecamatan Glumpang Baro, Pidie  mengatakan, boh gadoeng adalah makanan khas nenek moyang, yang saat ini hampir tidak ditanam lagi.

Sebab, generasi sekarang lebih memilih cemilan dalam kemasan, yang dijual di supermaket maupun di kios-kios di gampong.

Padahal, makanan dalam kemasan itu berbahaya, lantaran adanya bahan kimia.

” Kalau boh gadoeng itu kan alami, mulai dari ditanam tidak pakai pupuk dan tidak perlu perawatan. Panen tanaman itu lebih lama hingga sekitar tujuh bulan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, harga boh gadoeng murah dibeli pedagang di pasar tradisional. Tapi, ada waktu-waktu tertentu buah itu mahal harganya.

” Buah itu terkadang mahal saat masuk kenduri blang, lantaran warga membuat bubur pakai boh gadoeng. Sementara di pasar terjadi kelangkaan buah tersebut,” pungkasnya. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga