Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

BPDAS Kapuas Gandeng Kelompok Tani Pulihkan Lahan dengan Bangun KTA di Sanggau

ktnanasional.com – KALBAR,SANGGAU. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Kapuas, Kalimantan Barat, melakukan pembangunan bangunan konservasi tanah dan air atau KTA, di kawasan hutan lindung Sungai Kaba, Desa Sejuah, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, sebagai upaya pemulihan lahan kritis.

Pembuatan bangunan KTA berupa dam penahan dan gully plug, atau pengendali jurang ini, dilakukan dengan sistem swakelola bersama kelompok tani masyarakat sekitar.

Kepala BP DAS Kapuas Kalbar, Remran bilang, selain sebagai upaya percepatan pemulihan kawasan kritis dari bahaya erosi, pembuatan bangunan ini juga merupakan upaya untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Sebab, selain merasakan manfaat pemulihan alam, melalui pembuatan bangunan konservasi tanah dan air ini, masyarakat yang terlibat dalam pembangunan juga merasakan manfaat ekonomi langsung, dengan mendapat upah dari pengerjaan bangunan KTA.

Sementara itu, kepala Desa Sejuah, Kabupaten Sanggau, Buder menceritakan, sebelum adanya pembangunan KTA di Desa Sejuah ini, masyarakat merasa resah dengan lahan yang mulai kritis di kawasan itu, karena ancaman tanah longsor maupun banjir.

Namun dengan adanya pembangunan dam penahan dan gully plug ini, masyarakat Desa Sejuah merasa aman dan sangat terbantu.

Selain sumber air bersih terjaga, masyarakat juga tidak lagi merasa resah akan terjadinya bencana alam.

Pada tahun 2023, pemerintah pusat mengalokasikan pembangunan KTA untuk Provinsi Kalimantan Barat, berupa dam penahan sebanyak 9 unit, gully plug atau pengendali jurang sebanyak 37 unit.

Sementara pada Desa Sejuah, dibangun dam penahan sebanyak 2 unit dan gully plug sebanyak 17 unit. BP DAS Kapuas Kalbar, telah melakukan upaya pembangunan ini sejak tahun 2010, hampir di semua kabupaten se-Kalbar, sesuai dengan skala prioritas pada daerah lahan kritis dan rawan terjadi bencana alam, seperti erosi, tanah longsor dan banjir.

Adapun daerah yang sudah dibangun, yakni Kabupaten Ketapang, Kubu Raya, Kayong Utara, Sintang, Sanggau, Sekadau, hingga Kabupaten Kapuas Hulu. (admin)

Artikel telah tayang di kompastvpontianak

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga