Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

BPDAS Karama Lakukan Penilaian Mutu Bibit KBR Kelompok Tani Sisenga Desa Sumare Mamuju

ktnanasional.com – SULKAWESI BARAT, MAMUJU. Tim Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Karama melaksanakan kegiatan Penilaian Mutu Bibit Tanaman KBR di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Rabu 4 Oktober 2023.

Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Yeri Harla Belo, S.Hut, Yenti Kumala Sari, S.Hut, dan Susi Sabda, S.Hut. Mereka adalah para ahli di bidang kehutanan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penilaian mutu bibit tanaman.

Kegiatan penilaian mutu bibit tanaman ini dilakukan dengan sangat teliti dan cermat, dengan fokus pada jenis tanaman Jati Putih (Gmelina arborea Roxb) sebanyak 30.000 batang bibit Jati Putih.

Tim BPDAS Karama telah mengambil langkah-langkah yang hati-hati untuk memastikan bahwa penilaian mutu bibit tanaman ini dilakukan secara akurat.

Mereka memeriksa dengan seksama kualitas dan kondisi bibit tanaman, termasuk ukuran (tinggi dan diameter), kesehatan, serta ketahanan terhadap hama dan penyakit.

Selain itu, aspek-aspek seperti kesesuaian lingkungan dan kemampuan pertumbuhan tanaman ini juga dievaluasi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya BPDAS Karama mendukung dan mendorong kelompok tani dalam pengelolaan kebun bibit rakyat (KBR) yang memiliki beberapa manfaat, yaitu;

Peningakatan pendapatan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, konservasi sumber daya alam, dan pemberian akses pada bibit tanaman yang berkualitas.

Melalui kegiatan Penilaian Mutu Bibit Tanaman KBR, Tim BPDAS Karama membantu memastikan bahwa bibit tanaman yang diproduksi oleh kelompok tani Sisenga di Desa Sumare memiliki kualitas yang optimal.

Hal ini memastikan bahwa investasi dalam kebun bibit rakyat berpotensi memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat setempat dan mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Dengan pendekatan holistik ini, BPDAS Karama berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan konservasi alam, menciptakan keseimbangan yang harmonis antara kehutanan, dan lingkungan sekitar. (admin)

Artikel ini telah tayang di Tribunsulbar.com 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga