Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Buka Lomba Asah Terampil Kelompok Tani, Bupati IDP Dorong Petani Kuasai Teknologi Pertanian

ktnanasional.com – SULAWESI SELATAN, LUWU UTARA. Lomba Asah Terampil Kelompok Tani diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para kelompok tani di Luwu Utara.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indrian saat membuka Lomba Asah Terampil Kelompok Tani. Selasa (15/08/2023)

Lomba ini merupakan kegiatan untuk mengetahui sejauh mana Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap (PKS) yang di miliki petani kita sebagai pelaku utama dalam mengelola usaha taninya, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana fungsi kelompok tani sebagai kelas belajar, wahana kerjasama dan unit produksi berjalan sesuai dengan harapan kita bersama.

” Kita tidak ingin para petani di Kabupaten Luwu Utara terus berkutat dengan cara-cara dan metode pertanian konvensional atau pertanian lama, sementara perubahan dan konsep pertanian terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu apalagi diera digitalisasi, petani kita dituntut untuk menguasai dan memahami tekhnologi agar mampu berdaya saing” kata Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat membuka lomba Asah Terampil Kelompok Tani.

” Tapi saya yakin dan percaya, bahwa sinergitas antara penyuluh dan petani sudah sangat luar biasa terbangun dengan baik yang artinya dimana ada petani berkumpul disitu pasti ada penyuluh yang memberikan motivasi Sehingga sangatlah pantas kalau gelar Pahlawan Motivasi sekaligus Pahlawan Pangan layak disandang penyuluh” sambung bupati perempuan pertama di Sulsel itu.

Indah menambahkan, untuk menjadi seorang penyuluh dan petani yang profesional, handal dan berkualitas, pendidikan dan pelatihan menjadi hal yang penting dan menjadi syarat mutlak dan harus bagi seorang penyuluh maupun petani.

” Sumberdaya manusia tidak akan tercipta dengan sendirinya dibutuhkan sebuah proses pendidikan formal dan non formal terus menerus sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi serta paket-paket teknologi yang menguntungkan bagi petani dan keluarga ” pungkasnya.

” Keterampilan ini bukan milik mereka yang berbakat seni saja, tetapi semua orang bisa dan mampu. Yang dibutuhkan untuk menguasai sebuah keterampilan adalah kesabaran, ketekunan, dan kemauan untuk bisa melakukannya sampai berhasil. Selamat bertanding untuk semua” tutup istri Anggota DPR RI Muhammad Fauzi. (admin)

Artikel ini telah tayang di radarbone.fajar.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga