Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Buka Musda Perhiptani 2023, Ilyas Natsir Harap Pengurus Intensif Beri Pendampingan ke Petani

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, BERAU. Plt Asisten II Setda Berau, Ilyas Natsir membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Tahun 2023.

Dalam acara ini yang berlangsung di ruang Sangalaki Sekretariat Berau, Sabtu (16/12/2023), Ilyas Natsir menekankan pentingnya pendampingan untuk petani di Berau.

Dia mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari perjalanan roda organisasi Perhiptani untuk melahirkan kepengurusan yang profesional dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai penyuluh pertanian yang inovatif, kreatif, dan mensejahterakan para petani yang ada di Kabupaten Berau.

“Inilah tolak ukur keberhasilan organisasi Perhiptani. Ketika para petani sejahtera, maka Perhiptani telah berhasil melaksanakan fungsinya,” ungkapnya.

Diketahui, UMK Berau pada tahun 2024 sebesar Rp 3,8 juta. Jika pendapatan petani dikurangi dengan biaya produksi, minimal yang mereka peroleh bisa sesuai UMK. Ini tentunya menjadi tantangan besar bagi Perhiptani.

Oleh sebab itu, dirinya berharap, jajaran pengurus dapat secara intensif memberikan pendampingan kepada para petani kita. Lakukan terobosan, terapkan teknologi tepat guna, dan terpenting, petakan seluruh potensi pengembangan pertanian, sehingga setiap komoditi yang dibudidayakan sesuai dengan kondisi daerah yang dapat meningkatkan produksi.

Saat ini, Berau memiliki luasan lahan sawah kurang lebih 2.311,1 hektare, yang tersebar di 8 Kecamatan, di antaranya Kecamatan Biatan 178,31 hektare, Kecamatan Gunung Tabur 663,99 hektare, Kecamatan Kelay 114,09 hektare, Kecamatan Sambaliung 483,31 hektare, Kecamatan Segah 104,47 hektare, Kecamatan Tabalar 438,82 hektare, Kecamatan Talisayan 58,75, hektar, Kecamatan Teluk Bayur 269,34 hektare.

Luasan lahan sawah ini telah tertuang dalam Peraturan Bupati Berau Nomor 2/2023 tentang Lahan Pertanian Berkelanjutan sebagai upaya untuk memberikan legalitas dan kepastian hukum terhadap kebijakan lahan berkelanjutan agar mendatangkan maslahat bagi masyarakat tanpa menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Kami menyadari pentingnya produk hukum ini sebagai upaya menjamin keberlanjutan pasokan pangan masyarakat dan upaya perlindungan terhadap lahan-lahan subur dengan produktivitas tinggi, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 41/2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B),” jelasnya.

Hal ini, kata dia juga menunjukkan perhatian besar sekaligus komitmen Pemkab Berau dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi sektor hilir sumber daya dan pertanian dalam arti luas yang berbasis kerakyatan dengan perluasan lapangan kerja dan pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal melalui berbagai program pemberdayaan, salah satunya bantuan stimulan serta mewujudkan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan yang maju berbasis teknologi.

“Saya sangat mengharapkan dukungan serta kinerja terbaik dari jajaran pengurus Perhiptani Kabupaten Berau,” imbuhnya.

Perlu disadari, bahwasanya posisi Kabupaten Berau sebagai salah satu wilayah mitra pangan bagi IKN menuntut kita agar berupaya meningkatkan kemampuan produksi pangan, memastikan ketersediaan pangan yang beragam, aman, mewujudkan kecukupan pangan dengan harga terjangkau, dan memudahkan akses pangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Di samping itu, kita juga perlu memastikan peningkatan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pangan yang layak, meningkatkan kesejahteraan petani, nelayan, dan pelaku usaha pangan, serta melindungi dan mengembangkan kekayaan sumber daya pangan.

“Untuk itu, saya juga mendorong peran aktif dari jajaran Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, dan Dinas Pangan, serta seluruh perangkat terkait agar kemajuan sektor pertanian dalam arti luas dan kesejahteraan para petani yang bisa kita ciptakan,” tandasnya. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga