Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

BUPATI DOMPU HADIRI PENAS PETANI NELAYAN KE XVI DI PADANG SUMATERA BARAT.

ktnanasional.com – PADANG, Bupati Dompu H.Abdul Kader Jailani menghadiri acara pembukaan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Udara (LANUD) Sutan Syahrir, Padang, Provinsi Sumatra Barat, pada Sabtu, 10 Juni 2023.

PENAS merupakan forum bertukar informasi dan pengalaman antara petani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pemerintah dan swasta sehingga dapat membangkitkan kemandirain dalam pengembangan agribisnis.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartanto secara virtual dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo membuka Pekan Nasional Tani Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023.

Dalam sambutan Presiden yang disampaikannya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan bahwa di tengah ancaman krisis pangan global dan dalam keadaan tidak normal akibat pandemi, Indoensia telah membuktikan mampu menghasilkan pangan untuk kebutuhan sendiri dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal.

PENAS akan berlangsung pada 10-15 Juni 2023 dan diikuti oleh 23.780 orang dari seluruh Indonesia dan mitra Asia.

Kegiatan PENAS juga akan diisi dengan berbagai kegiatan para petani dan nelayan, seperti pameran pembangunan pertanian, Expo Aquaculture, Expo Agroforestry, Expo Peternakan, Temu Teknologi, Temu Agribisnis dan beberapa kegiatan lainnya.

Tidak ketinggalan dari Kabupaten Dompu mengirimkan sebanyak 16 orang yang terdiri dari anggota KTNA, Penyuluh dan para pendamping. Para peserta Penas tersebut nantinya akan mengikuti berbagai kegiatan selama enam hari terhitung hari ini 10 hingga 15 Juni 2023 mendatang.

Bupati Dompu saat di lokasi pembukaan penas berharap agar para peserta penas yg dari Kab.dompu untuk dapat menimba ilmu pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan sebanyak banyaknya kemudian nantinya bisa diaplikasikan setelah kembali dari event tersebut.

Suasana pelaksanaan PENAS sangat meriah dgn berbagai teknologi serta inovasi di tampilkan dalam pelaksanaan PENAS, tsb, Bupati Dompu berharap peserta dapat memanfaatkan forum PENAS ini dengan sebaik-baiknya, di harapkan kehadirannya bersama beberapa Kepala OPD , serta anggota Kelompok Tani Nelayan dapat menyerap ide dan teknologi sehingga bisa diaplikasikan pada pertanian di Kab.Dompu.

Turut Hadir bersama Bupati, Asisten Administrasi Pembagunan H.Moch Syaiun SH, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perkebunan Muhammad Syahroni, SP.MM, Kadis Perikanan dan Kelautan Amuruddin S.Hut, Kadis Peternakan dan keswhatan Hewan M.abduh S.sos. MM (TM.KOMINFO/dompu.go.id).

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga