Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Bupati Fadhil Arief Buka Kegiatan Temu Tani Tingkat Kabupaten Batanghari Tahun 2024

ktnanasional – JAMBI, BATANG HARI. Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief, SE secara langsung membuka kegiatan Temu Tani Tingkat Kabupaten Batanghari tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di serambi rumah dinas Bupati Batanghari pada Senin, 29 Januari 2024 tersebut diselenggarakan dalam rangka percepatan musim tanam untuk peningkatan produksi pertanian dan perikanan di Kabupaten Batanghari tahun 2024.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief, SE di kesempatan itu mengatakan, Kabupaten Batanghari merupakan satu kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam melimpah dan beragam, yang meliputi bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, perikanan dan pertambangan. Dibalik potensi yang besar tersebut kita dihadapkan juga pada tantangan pengelolaan yang bijak sehingga menuntut kesungguhan dan kerjasama antar para pihak yang terkait untuk bersama-sama mencari dan menerapkan cara-cara pengelolaan yang benar, cepat, dan tepat.

Dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi serta dukungan ketersediaan pangan daerah, maka sumber produksi Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan, Perikanan dan Perkebunan khususnya di pedesaan perlu menjadi perhatian dalam upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, sehingga akan berpengaruh terhadap capaian peningkatan Nilai Tukar Petani.

Pemerintah Kabupaten Batanghari berkomitmen menjadikan pembangunan sektor pertanian sebagai satu prioritas pembangunan. Hal ini didukung fakta bahwa 78% masyarakat Kabupaten Batanghari tinggal di perdesaan dan mayoritas memiliki mata pencaharian di bidang pertanian (sektor tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan).

Dikatakan Bupati, dalam konteks peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia bidang Pertanian, melalui Program Petani Cerdas, kita sudah mengadakan pelatihan dan magang bagi petani dan penyuluh, penambahan aparatur penyuluh, penyediaan dan penyaluran bibit unggul tanaman dan ternak, hibah alat dan mesin pertanian bagi kelompok tani, optimalisasi lahan, re-planting karet dan sawit tua.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Rembug Tani Tingkat Kabupaten Batanghari ini, dapat menjadi forum bersama seluruh pemangku kepentingan dalam merumuskan arah kebijakan dan strategi rencana aksi dalam upaya kita meningkatkan produksi dan ketersediaan pangan,” kata Bupati Fadhil.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Alsintan kepada Kelompok Tani yang ada di Batanghari dan bantuan lainnya.

Tampak hadir para Asisten Setda Batanghari, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua dan anggota kelompok tani se-Kabupaten Batanghari dan undangan lainnya. (admin)

artikel ini telah tayang di detail.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga