Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Bupati Minut Joune Ganda Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi, Persembahan untuk Masyarakat

ktnanasional.com – PADANG, Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda menerima Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI Joko Widodo.

Penghargaan ini diberikan kepada 59 kepala daerah baik gubernur, bupati dan wali kota, kepala dinas pertanian dan penyuluh pertanian terpilih atas dedikasi dan inovasi yang dilakukan dalam bidang pertanian.

Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI Joko Widodo untuk Bupati Minut Joune Ganda.

Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI Joko Widodo diberikan lewat penyematan lencana penghargaan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo pada pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Petani Nelayan Andalan (KTNA) Indonesia yang ke XVI dilaksanakan Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, Penas KTNA XVI merupakan momentum penguatan potensi pertanian dalam menjaga ketahan pangan nasional.

“Penas KTNA XVI merupakan penas yang sangat strategis untuk menyatukan pandangan kita, gerak kita, padangan untuk menjaga bangsa ini,” ujarnya.

Proses penerimaan tanda kehormatan pada pembukaan Penas KTNA XVI di Padang.

Ia menyebut Penas KTNA XVI bukan ajang pameran, tetapi ajang komunikasi serta memberikan contoh dalam mengahadapi cuaca dan kondisi alam khususnya 2023 dan 2024.

Pasalnya, dalam prediksi Badan Meteorologi Klmatologi dan Geofiisika (BMKG), musim kemarau akan berlangsung kering karena El Nino di tahun 2023.

El Nino adalah fenomena perubahan iklim secara global yang diakibatkan oleh memanasnya suhu permukaan air laut Pasifik bagian timur.

Kebersamaan Bupati Minut Joune Ganda, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk dan Wali Kota Gorontalo.

Olehnya, Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Pertanian memberikan tanda kehormatan kepada para kepala daerah yang memberi perhatian lebih kepada pertanian.

Satyalancana Wira Karya merupakan penghargaan kepada setiap orang warganegera Indonesia, yang telah memberikan darma baktinya yang besar kepada Nusa dan Bangsa hingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

Berdasarkan petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 29/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, dijelaskan bahwa Bupati Minut Joune Ganda dinilai telah berperan aktif dalam bidang pertanian melalui program pengembangan kelapa genjah Jingga Ganda (JG) sebagai varietas unggul kelapa dengan menetapkan kebun dan varietas pohon induk terpilih, perluasan area, pembatasan alih fungsi lahan dan gerakan percepatan, pembinaan, dan pengawalan dalam usaha pertanian yang berkolaborasi dengan stakeholder terkait sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Bupati Minut Joune Ganda bersama Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey.

“Banyak indikator yang ditetapkan sebagai syarat menerima penghargaan dari Pak Presiden ini. Kami menggunakan tim verifikasi dari pihak eksternal, mulai dari BIN, KPK, kepolisian, kejaksaan dan lainnya. Setelah melalui tahapan yang panjang dan ketat, telah dipilih nama-nama penerima tanda penghargaan dari Pak Presiden,” ujar Mentan Limpo.

Secara terpisah, Bupati Minut Joune Ganda mempersembahkan penghargaan yang diterima bagi seluruh masyarakat Minahasa Utara.

“Penghargaan yang saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Minut dalam hal pengembangan sektor pertanian,” ujar Bupati Joune.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, ke depan, Pemkab Minut akan memberi penguatan dalam anggaran bagi sektor pertanian.

“Kebijakan yang akan kami lakukan dengan memperhatikan alokasi anggaran di sektor pertanian, mengingat sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita 60 persennya bersumber dari sektor pertanian. Oleh sebab itu tentunya sangat tepat apabila kita memperhatikan alokasi anggaran untuk mengembangkan industri pertanian di Minut,” ujar Bupati Joune.

Selanjutnya yaitu bekerjasama dengan kelompok tani serta melakukan pengembangan lewat Dinas Pertanian.
Tak lupa Bupati Joune Ganda berterima kasih kepada Pemprov Sulut, di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

“Terima kasih kepada pak gubernur dan pak wakil gubernur karena kami hanya mengikuti program yang dicanangkan Pemprov Sulut yaitu ‘marijo ba kobong’. Penghargaan ini membuktikan bahwa dunia pertanian Minahasa Utara memiliki potensi yang besar dan itu diakui oleh negara,” tutup Bupati Joune.

Dalam menerima tanda kehormatan tersebut, Bupati Joune Ganda turut didampingi Asisten II Pemkab Minut Allan Mingkid, Kepala Dinas Kominfo Minut Robby Parengkuan, Kepala Dinas Pangan Jemmy Kuhu, Kepala Badan Keuangan Carla Sigarlaki, Kepala Dinas Pertanian Minut Wangke Karundeng, serta Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey.

Bupati Minut Joune Ganda didampingi (Kanan ke kiri), Asisten II Allan Mingkid, Kepala Dinas Pertanian Wangke Karundeng, Kepala Dinas Pangan Jemmy Kuhu dan Dewan Pembina KTNA Minut Sevry Nelwan.
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga