Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Bursel Dapat Bantuan Cool Storage

ktnanasional – MALUKU, AMBON. Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Dinas Perikanan setempat, memperoleh bantuan Cool Storage atau gudang pendingin dan Mobil Termokik dari Kementerian Kelautan Perikanan (KKP).

“Di tahun 2023 , ada dua bantuan diberikan KKP kepada kita (Buru Selatan) yaitu  Cool Storage  dan Mobil Termokik,” ungkap Kepala Dinas Perikanan  Djafar Souwakil, Kepala DKP Kabupaten Bursel kepada pers di sela-sela uji coba penggunaan Cool Storage yang dibangun di kawasan Pantai Desa Kmanglale, Kecamatan Namrole, kemarin.

Dikatakan, Cool Strorage bantuan KKP memiliki daya tampung ikan sebanyak 10 ton dan untuk memastikan kesiapan operasional,  dilakukan uji coba.

“Kita lakukan ujicoba untuk mengetahui sejauh mana fungsi Cool Storage yang diberikan itu. Alhamdulillah berdasarkan ujicoba yang dilakukan, ikan 500 kg (1/2 ton)  yang dimasukan dalam gudang pendingin belum sampai empat jam sudah beku dan hasilnya baik,” sebutnya.

Souwakil berharap bantuan yang diberikan KKP melalui Dirjen  Pengawasan Sumberdaya Keluatan dan Perikanan (PSDKP) Kementrian Kelautan Republik Indonesia bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apalagi wilayah Bursel memiliki potensi perikanan yang sangat menjanjikan.

“Kita harapkan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan  baik, karena nantinya  ada keberlanjutan. Karena dengan adanya bantuan ini, bisa membantu masyarakat terutama kelompok nelayan yang bernaung di bawa Koperasi Simpan Pinjam Darma Buana  dapat  mengmbangkan usaha mereka di bidang perikanan,”ingatnya.

Pengawasan juga akan dintensifkan pihaknya terkait pemberian bantuan dimaksud. “Karena yang harapkan dengan bantuan ini bisa membantu nelayan  dalam menyalurkan hasil tangkapan mereka untuk disimpan di Cool Storage,” katanya.

Menyoal  SDM untuk operasional Cool Storege, Souwakil menuturkan  hal itu sudah diantisipasi. “Ada tim dari  Kementrian Keluatan dan Perikanan (KKP) RI yang turun langsung ke Bursel untuk melatih tenaga yang nantinya mengoperasikan gudang pendingin tersebut. Jadi sejauh ini tidak ada masalah,” yakin Souwakil.

Sembari menambahkan pengelolaan Cool Storage diberikan kepercayaan kepada Koperasi Simpan Pinjam Darma Buana,  karena sudah melalui tahapan dan verifikasi yang matang.

“Koperasi yang  dipercayakan untuk mengelola Cool Storage harus memiliki modal atau dana rangsangan. Jadi kita tidak sembarabngan  memberikan bantuan ke sebuah koperasi. Kita harus melihat latar belakangnya serta kemampuan untuk mengelola  bantuan yang diberikan karena biasanya, kata Souwakil, bantuan yang diberikan oleh pemerintah, terkadang tidak bisa dikelola dengan baik, salah satunya  tidak punya modal untuk biaya operasional,”tutupnya. (admin)

artikel ini telah tayang di kabartimurnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga