Sabtu, 20 April, 2024

Artikel Terbaru

Cabe Kuhay Emang Aduhai! – Temuan Mansyurdin

ktnanasional.com-Padang Pariaman, Cabai Keriting Varietas Unggul Kuhay biasa disebut Cabai Kuhay merupakan komoditi unggul tanaman hortikultura di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Cabai (Cabe) Kuhay sudah dikembangkan oleh seorang petani inovator bernama Mansyurdin sejak tahun 2017.  Pada tahun 2019 terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai Tanaman Varietas Lokal Nomor: 1177/PVL/2019 dan telah tersertifikasi pada tahun 2023.

Dalam wawancara ekslusif dengan media tvdesanews.id bersama Mansyurdin di sela-sela acara PENAS KTNA XVI Tahun 2023 di Padang, Senin (12/06) sore dijelaskan bahwa niat awal mengembangkan cabe (cabai) jenis varietas unggul ini guna memberikan dampak positif dengan meningkatnya taraf perekonomian warga masyarakat sekitarnya.

“Berawal dari munculnya inspirasi sebatas mencari benih unggul untuk dikembangkan di daerah petani yang mengolah lahan kering. Tujuannya adalah agar jumlah komoditi di Padang Pariaman bertambah. Secara kegiatan petani bertambah, maka teman-teman kita di kios yang menjual sarana pertanian pada khususnya akan bergerak perekonomiannya,” ungkap Mansyurdin.

Adapun pemberian nama Kuhay itu sendiri diambil dari nama sebuah kampung yang letaknya di pedalaman, tempat beliau bermain semasa kecilnya.

“Saya angkat nama Kuhay itu agar lebih dikenal luas oleh petani di Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat dan di tingkat nasional. Bahkan kalau perlu dikenal oleh petani di seluruh dunia,” harap Mansyurdin. Saat ini Mansyurdin tergabung ke dalam Kelompok Tani Saiyo Basayo.

Layaknya sebuah keluarga, Mansyurdin memiliki seorang isteri bernama Ilda Mathanoor serta 2 orang buah hati bernama Fikri Mathan dan Fikra Mathan.

Alamat lengkap Kuhay itu di Cimpur Pasa Durian, Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak Kecamatan VII Koto. Sedangkan saat ini Mansyurdin dan keluarganya bertempat tinggal di Korong Sungai Bais Kampuang Jambak Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. (tvdesa)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga