Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Cirebon memasuki musim mangga, berbarengan hujan yang mulai datang

ktnanasional – JABAR  Cirebon.  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lima komoditas buah unggulan Kabupaten Cirebon yang diproduksi lebih dari 1.000 ton setiap tahunnya. Dalam catatan BPS, lima buah tersebut yakni, mangga, pisang, pepaya, jambu biji, dan jambu air. Berdasarkan data, mangga menjadi salah satu komoditas dengan jumlah produksi paling tinggi. Tercatat, sepanjang 2022 para petani di Kabupaten Cirebon mampu menghasilkan mangga sebanyak 43.515 ton.

Melalui website Cirebon Kabupaten (17 September 2023), Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, buah mangga menjadi salah satu komoditas unggulan dari Kabupaten Cirebon. Beberapa mangga diantaranya diminati para konsumen luar negeri. Menurut Imron, para petani mangga daerah Cirebonan dengan sangat kreatif menemukan varietas mangga terbaru, varietas tersebut bernama Roman Ayu. Mangga Roman Ayu memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jenis lainnya.

“Varietas baru ini sudah diakui oleh Kementerian Pertanian sebagai kepunyaan Kabupaten Cirebon,” kata Imron. Dari bantuan program Kerjasama melalui penyelenggaraan sarana dan prasarana juga infrastruktur yang memadai, Kabupaten Cirebon diharapkan mampu meningkatkan upaya produksi buah mangga.

Ketua KTNA Kabupaten Cirebon Kuryadi, kepada media ini menyampaikan saat ini Mangga di Cirebon produksinya luar biasa. Tataniaga perdagangan mangga saat ini banyak dikelola oleh kelompok, bukan lagi dibeli dengan sistem tebasan. Sebelumnya banyak pemilik pohon mangga yang menjual dengan cara tebasan, mangga dijual dalam  keadaan belum masak di pohon.

Sistem panen pungut tua atau masak pohon, sehingga kualitas buah sampai di tingkat konsumen lebih bagus. Menurut nya saat ini mata rantai perdagangan mangga 60 persen sudah dikuasai petani melalui kelompok. Sehingga petani mendapat harga yang bagus, margin yang diperoleh petani lebih besar. “Kami berharap saat memasuki musim panen mangga di kabupaten Cirebon bersamaan dengan mulai datangnya hujan, tidak mengurangi Masyarakat untuk tetap mengkonsumsi mangga”, ujar Kuryadi. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga