Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Deklarasi Banten : Prabowo-Gibran Peduli dan Mengerti Petani Nelayan

ktnanasional – BANTEN. Relawan petani dan nelayan di Banten mendeklarasikan dukungan terhadap Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. mereka berkomitmen memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Deklarasi Gerakan Tani Nelayan Prabowo-Gibran (GTNPG) Provinsi Banten ini digelar di Saung Tani jalan raya Cibadak Rangkasbitung Kabupaten Lebak provinsi Banten , Sabtu (20/1/2024). Deklarasi dipimpin oleh penasehat  Relawan Petani-Nelayan Prabowo-Gibran Banten, H. Oong Syahroni. Ketua Umum GTNPG Nasional Harmanto yang dihadiri oleh koordinator relawan petani nelayan delapan  kabupaten kota se-Banten serta perwakilan kelompok tani 8 kabupaten kota se-Banten

“Kami relawan Gerakan Petani Nelayan Banten menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden 2024 untuk Indonesia maju, petani-nelayan maju sejahtera,” kata Oong saat membacakan teks deklarasi.

Oong menyampaikan dukungan ini setelah melihat visi-misi untuk Prabowo-Gibran yang mendukung kemajuan petani dan nelayan.

“Setelah kita mencermati perjalanan Bapak Prabowo-Gibran yang maju di pemilihan presiden dan wakil presiden maka saya undang teman-teman untuk berdiskusi, memantapkan dukungan,” tuturnya.

Oong berharap para relawan akan kembali ke daerahnya masing-masing dan mensosialisasikan Prabowo-Gibran. Oong yakin dengan membawa gagasan Prabowo-Gibran petani dan nelayan akan membantu pemenangan di Banten.

“Saya yakin dan percaya Insyaallah Prabowo-Gibran menang satu putaran di pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan datang,” ujarnya.

“Ini penting bagi kita semua agar mendukung Capres yang mengerti tentang pertanian khususnya kemajuan pertanian di masa yang akan dating,”  tambah Oong

Sekretaris Komisi II DPR Provinsi Banten yang membawahi bidang pertanian tersebut menekankan sektor pangan dan pertanian menjadi prioritas Prabowo Subianto. Bahkan menurutnya, sejak menjadi prajurit hingga pensiun Prabowo telah menunjukkan kepeduliannya terhadap petani.

“Pak Prabowo selalu konsisten dan aktif memperjuangkan swasembada pangan dan hak para petani. Dari awal beliau terlibat langsung dan aktif memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Baginya, para petani adalah patriot, karena kedaulatan pangan bangsa Indonesia ada di tangan mereka,” pungkas Oong.

Ketua Umum GTNPG Nasional Harmanto menyampaikan komitmen Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Langkah tersebut diwujudkan melalui kebijakan kepastian kepemilikan lahan untuk petani serta jaminan harga panen dari petani.

“Petani adalah bagian penting dari masa depan bangsa, karena menjadi ujung tombak kita menghadapi krisis pangan. Oleh karena itu kesejahteraan petani tidak bisa diserahkan begitu saja kepada mekanisme pasar. Kesejahteraan mereka menjadi tanggung jawab pemerintah,” Harmanto dalam sambutannya

Harmanto menjelaskan paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran memiliki beberapa program untuk menjamin kesejahteraan petani. Salah satu yang terpenting yaitu dengan memastikan petani memiliki lahan garapannya sendiri.

Progam pasangan Prabowo Gibran akan kembangkan kredit kepemilikan lahan. Ke depannya para petani yang belum memiliki lahan, dan yang ingin menjadi petani tapi tak punya lahan bisa mengajukan kredit kepada pemerintah. Sehingga petani Indonesia tidak hanya pekerja pertanian, tapi juga bisa memiliki lahan. Ini akan secara cepat memperluas lahan pertanian kita,” jelas Harmanto

Dia menuturkan, Prabowo-Gibran juga akan memberikan jaminan keuntungan dari hasil pertanian para petani. Caranya adalah dengan menetapkan harga panen serta menekan biaya produksi.

“Ada dua sisi untuk menjamin keuntungan petani. Pertama, harga pembelian pemerintah atau harga panen akan kita tetapkan harus memberikan minimal 30 persen keuntungan bagi petani. Saat kondisi oversupply-pun pemerintah harus berkomitmen memberikan keuntungan,” ujarnya.

“Dan yang kedua, program Prabowo Gibran akan berupaya untuk menurunkan biaya produksi dari petani kita, mekanisasi pertanian salah satu program untuk menurunkan biaya usaha tani. Terutama jika lahannya masih sewa, penjaminan ketersediaan pupuk, obat-obatan dan pestisida, serta menurunkan bunga bank jika membutuhkan kredit modal. Ini harus dilakukan karena memang kita harus berpihak pada petani,” lanjut Harmanto.

Dia meyakini dengan deretan kebijakan tersebut dapat menjadi solusi dalam mencari keseimbangan antara kepentingan petani, konsumen dan kepentingan negara.

“Insyaallah petani pasti untung, konsumen tersenyum karena harga terjangkau, serta kebutuhan pangan nasional terpenuhi. Titik keseimbangan ini yang kita cari,” tutur Harmanto. (uj/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga