Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Dinas Pertanian Luwu Timur Programkan Panen 3 Kali Setahun, Petani Segera Daftarkan Kelompok !

ktnanasional – SULAWESI SELATAN, LUWU TIMUR. Pemerintah kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pertanian tengah memprogramkan panen padi tiga kali dalam setahun.

Program ini rencananya mulai dilaksanakan pada bulan Januari 2024, sehingga untuk bulan Desember 2023 ini diharapkan seluruh sawah petani sudah selesai dipanen.

” Kalau target tiga kali panen atau turun sawah ini dapat dilaksanakan secara otomatis mulai januari 2024 harus mulai turun sawah, sehingga pada akhir bulan Januari bisa mulai tanam,” Kata Kepala Dinas Pertanian Luwu Timur, Amrullah Rasyid kepada batarapos.com.

Meski demikian, target tiga kali panen setahun ini menurut Kadis Pertanian memang perlu kekompakan seluruh petani agar jadwal yang ditentukan bisa tepat waktu, namun jika target tiga kali setahun sulit dilaksanakan maka alternatifnya lima kali dalam dua tahun.

” Kita rencana tiga kali setahun, tapi kalau hanya dapat lima kali dalam dua tahun, kita syukuri sebagai loncatan percepatan peningkatan produksi, Burau dan Wasuponda sudah mulai bergerak,” Ujar Kadis Pertanian.

Amrullah menjelaskan bahwa, program ini tidak bersifat wajib bagi semua petani sawah di Luwu Timur, namun program ini sebagai bentuk upaya pemerintah mempercepat peningkatan produksi petani.

” Jadi ini tidak diwajibkan untuk semua petani harus ikut program tiga kali setahun tapi kita upayakan bagaimana supaya bisa lima kali dalam setahun, walaupun juga petani mau kalau tidak serentak dan tidak sehamparan tidak bisa juga, harus serentak dan sehamparan,” Jelasnya.

Amrullah mengimbau bagi petani yang sudah siap dalam program ini, dapat mendaftarkan kelompoknya melalui penyuluh masing-masing, agar bisa terakomodir.

” Jadi kalau petani sudah siap, silahkan daftarkan kelompoknya ke penyuluhnya, supaya nantinya bisa dapat kuota pupuk, kalau tidak daftar tidak bisa dapat kuota pupuk,” Imbuhnya.

Diketahui, petani sawah di kabupaten Luwu Timur selama ini hanya menerapkan dua kali garap sawah dalam setahun, dimana musim panen pertama pada bulan Mei dan Juni dan panen kedua pada bulan November dan Desember.

Jika program tiga kali garap sawah dalam setahun dilaksanakan maka musim panen pertama dijadwalkan di bulan April, musim panen kedua bulan Agustus dan panen ketiga bulan Desember. (admin)

artikel ini telah tayang di batarapos.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga