Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Dinas Peternakan Mimika Serahkan Bantuan 6.228 Ayam Petelur

ktnanasional – MIMIKA. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) membagikan bibit ayam petelur Tahun 2023 sebanyak 6.228 ekor. Selain ayam petelur, Disnakkeswan juga memberikan pakan ternak sebanyak 1.946 sak.

Ribuan ayam petelur ini merupakan bantuan pemerintah yang diberikan kepada 6 kelompok peternak. Selain bantuan ayam petelur, pakan ternak, Disnakkeswan juga membantu pengadaan pembangunan 6 kandang ayam.

drh Sabelina Fitriani dan Kepala Bidang Bina Usaha Peternakan Agustinus Mandang, SPt MSi, Jumat (3/11/2023) langsung menyerahkan bibit ayam petelur serta pakan ternak kepada dua kelompok peternak yakni Kelompok Bina Ternak Sejahtera di Kampung Naena Muktipura SP 6 dan Kelompok Mioko Sejahtera di Kampung Mioko.

Dengan pembagian ayam petelur dan pakan ternak ini pemerintah kata Sabelina, berharap bantuan yang berikan ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat. Pemerintah kata dia sudah mengeluarkan anggaran yang cukup besar, maka harapanya adalah masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dinas berharap bahwa bantuan-bantuan yang diberikan ini betul-betul bermanfaat karena kan itu tidak murah, artinya pemerintah sudah mengeluarkan dana yang lumayan cukup besar, harapanya bahwa masyarakat ini bisa memanfaatkan sebaik-baiknya,”jelas Sabelina.

Lanjutnya, pemberian bantuan ayam petelur dan pakan ternak ini juga sejalan dengan program pemerintah yang sudah tidak lagi memasukkan telur dari luar Timika. Dengan beternak ayam petelur maka ini kata Sabelina adalah kesempatan yang bagus bagi para peternak. Dari kegigihan para peternak juga, kini Kabupaten Mimika sudah bisa memasok telur ke beberapa kabupaten tetangga.

Selain sudah menjadi daerah yang swasembada telur, Kabupaten Mimika pun lanjut Sabelina tengah melakukan usaha untuk pengembangan telur omega 3.

“Kita berharap di akhir tahun ini atau di awal tahun depan kita sudah bisa launching telur omega 3,”ungkap Sabelina.

Sebagai daerah yang sudah berhasil swasembada telur dan over produksi telur di dalam daerah sendiri, maka salah satu siasat yang akan ditempuh pemerintah adalah dengan menghasilkan telur omega 3. Nantinya dengan produksi telur omega 3 ini, bisa meningkatkan harga jual telur itu sendiri.

“Jadi bagaimana kita mengantisipasi telur yang sudah melimpah agar harganya tidak turun, justru kita naikkan statusnya, kwalitas menjadi telur omega 3,” paparnya.

Untuk mewujudkan adanya telur omega 3, dinas kini sedang menguji 1800 ekor ayam petelur. Diharapkan di akhir November atau awak Desember sudah bisa diproduksi telur omega 3. Nantinya pemasaran telur omega 3 ini di sejumlah swalayan dalam kota Timika seperti di Primo Kuala Kencana, Gelael dan Diana Supermarket.

Adapun harga telur omega 3 ini sangat bagus yakni tiga kali lipat dari harga telur pada umumnya. Harga jual telur omega 3 yang cukup mahal ini kata Sabelina, karena kandungan gizi dan protein dalam telur yang sangat baik bila dikonsumsi oleh orang dewasa. Telur omega 3 ini mempunyai manfaat yang baik untuk mencegah penyakit jantung sehingga orang dewasa ini dianjurkan untuk mengkonsumsi telur. (admin)

artikel ini telah tayang di pojokpapua.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga