Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Disbun Kaltim Dorong Pemberdayaan Kelompok Tani Perkebunan di Paser

ktnanasional.com – PASER, Pemprov Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) terus mendorong pengembangan kawasan pedesaan, terutama dalam sektor perkebunan. Sebab, tidak dipungkiri, kian tahun perkembangan sektor perkebunan menghadapi banyak tantangan.

Oleh karena itu, perlu strategi dan atensi pemerintah dalam mendorong pengembangan sektor perkebunan di daerah. Terutama, untuk memastikan peningkatan produksi yang tentunya berdampak kepada kesejahteraan petani.

Kepala Disbun Kaltim Ahmad Muzakkir mengungkapkan, untuk mencapai kesejahteraan petani, telah difokuskan beberapa aktifitas yang spesifik.

Misalnya, upaya untuk memfasilitasi peningkatan pendapatan petani melalui pemberdayaan, peningkatan akses terhadap sumber daya usaha pertanian, pengembangan kelembagaan dan perlindungan terhadap petani.

“Guna mencapai tujuan tersebut, diantaranya adalah pemberdayaan petani, pengembangan kelembagaan, peningkatan akses petani terhadap sumberdaya produktif, pengembangan diversifikasi usaha, serta penanggulangan kemiskinan,” kata dia dalam kegiatan Pembinaan Pelatihan Pendampingan dan Pemberdayaan Kelompok Tani Perkebunan, di Desa Selerong, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Rabu (26/7/2023).

Penguatan Kelompok Tani Penting untuk Menghadapi Kompleksitas Tantangan

Ia menjelaskan, pentingnya pemberdayaan kelompok tani sangat beralasan. Karena, keberadaan kelompok tani akhir-akhir ini cenderung melemah yang disebabkan beberapa aspek.

Seperti, kurang aktifnya anggota dan pengurus kelompok, lemahnya manajemen administrasi dan pembukuan kelompok, program kerja kelompok tidak terencana dengan baik. Serta, masih rendahnya sumberdaya manusia dikelompok tani.

Secara spesifik, penumbuhan dan penguatan peran kelembagaan juga penting dalam menghadapi kompleksitas peluang dan tantangan pembangunan pertanian ke depan. Kemajuan teknologi informasi, konvergensi komunikasi, inovasi masa depan, akses terhadap pasar, daya saing lembaga petani

Pembinaan dan pendampingan kelompok tani melalui kegiatan pelatihan ini. Merupakan salah satu strategi untuk mendukung pemberdayaan, penumbuhan dan penguatan kelembagaan petani disektor perkebunan wilayah kabupaten/kota di Kaltim.

Adapun kegiatan ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi peningkatan wawasan, keterampilan dan pengelolaan manajemen kelembagaan petani. Yang semula kurang aktif menjadi lebih produktif kedepannya sehingga mampu meningkatkan produktiftas tanaman perkebunan.

“Tujuan khusus dalam pelaksanaan pelatihan, Menyatukan visi dan misi kelompok dengan nilai-nilai kebersamaan berdasarkan manjemen kemitraan,”tegasnya

Kegiatan diikuti 25 Peserta dari Poktan gapoktan/koperasi dan lembaga lainya yang bergerak disektor perkebunan.(admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga