Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Distankan Inhu Serahkan Bantuan 11.436 Ribu Bibit Tanaman Buah Kepada Kelompok Tani

ktnanasional – RIAU, INDRAGIRI HULU –  Selama 4 hari pihak Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) melalui Dinas Pertanian dan Perikanan menyerahkan sekitar 11.436 ribu bantuan bibit  unggul tanaman buah buahan kepada kelompok tani di sejumlah Kecamatan Kabupaten Inhu Riau.

Mulai tanggal 18 hingga 22 Desember tahun 2023 menyerahkan belasan ribu bantuan  bibit pohon yang terdiri dari  jenis tanaman rambutan, durian,cempedak, petai  dan bibit unggul jenis mangga kepada para kelompok tani di Desa di sejumlah Kecamatan Kabupaten Inhu.
Adapun bantuan bibit pohon berbagai jenis ini bersumber dari APBD Inhu tahun anggaran 2023 dengan tujuan dalam upaya meningkatkan pendapatan para petani dari hasil panen buah buah dimasa depan ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu, Dedi Dianto melalui Kabid TPH, Syaiful kepada Metrorakyat.Com Jumat (22/12/2023) sore.
Ditegaskan, dari 11.436 ribu bibit tanaman buah buahan sedikitnya terdapat 73 kelompok tani dari 30 Desa di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Rakit Kulim, Kelayang,Batang Cenaku dan Lubuk Batu Jaya kabupaten Inhu menerima bantuan bibit tanaman buah produktif gratis tersebut.

Menurutnya, tanaman buah rambutan, durian,cempedak, petai dan bibit  jenis mangga dipilih, karena jenisnya dinilai memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga nantinya menjadi tabungan di masa depan bagi para petani guna peningkatan kesejahteraan.
Adanya bantuan bibit buah buahan berbagai jenis ini terhadap petani dilakukan  pola agreget/ pekarangan rumah masyarakat dapat membuat spesifik produksi setiap Kecamatan guna mendukung visi bupati Inhu dalam mewujudkan peningkatkan  kesejahteraan petani.

Diharapkan “bibit tanaman yang kami serahkan akan berbuah pada tiga  sampai empat  tahun ke depan mempunyai produksi buah unggulan dimasing masing Kecamatan untuk meningkatkan gizi keluarga, dan sumber buah buahan juga merupakan tambahan ekonomi petani dari hasil pekarangan masyarakat hingga  bisa menjadi tabungan kesejahteraan di masa depan bagi para petani,” harapnya.

Sementara itu, penyarahan bantuan  bibit tanaman buah ini memperoleh respon positif dari kalangan kelompok tani.

Mereka berharap, di masa mendatang bibit tanaman yang mereka peroleh dapat menghasilkan panenan buah dengan kualitas yang baik dan harga jualnya pun tinggi, sehingga mampu menjadi sumber pendapatan dan kesejahteraan para tani ucap Syaiful menirukan ucapan para petani

Hadir dalam penyerahan bibit tanaman buah buahan tersebut, Ketua KTNA Kabupaten Inhu, Ketua KTNA Kecamatan, Koordinator BP3 Kecamatan, Kepala Desa dan Pengurus masing masing Kelompok tani. (admin)

artikel ini telah tayang di metrorakyat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga