Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

DIY Uji Coba Pelabuhan Pantai Gesing Gunungkidul

ktnanasional – YOGYAKARTA. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lakukan uji coba coba pengoperasian Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pantai Gesing, di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Bayu Mukti Sasongka pada Senin, 20 November 2023 di Yogyakarta menyampaikan uji coba tersebut dilakukan dalam menyambut rencana peresmian pelabuhan ikan terbesar kedua di Gunungkidul tersebut pada awal 2024.

“Sekarang sudah mulai kami uji coba. Kalau itu nanti sudah bagus, tidak ada masalah baru kami luncurkan,” kata Bayu dilansir Antara.

Bayu mengungkapkan dalam fase awal uji coba, DKP DIY melakukan pemeriksaan kelayakan kedalaman kolam dengan mengirimkan dua hingga tiga kapal nelayan. Berdasarkan hasil uji coba sementara, Bayu menyampaikan masih terdapat sejumlah bagian di kolam pelabuhan yang perlu dikeruk karena terdapat sisa-sisa peledakan batuan keras di area tersebut.

“Masih ada beberapa spot yang perlu dikeruk lagi, karena sisa-sisa blasting (peledakan batuan) yang terkena gelombang dan terbawa arus ke kolam pelabuhan,” kata dia.

Walau terdapat sejumlah bagian yang belum selesai, Bayu tetap optimistis peresmian PPI Pantai Gesing dapat tetap terlaksana sesuai target pada kuartal I 2024. “Uji coba masih diurus oleh kontraktor selama periode pemeliharaan yang diperkirakan berlangsung hingga akhir triwulan 1 2024,” katanya.

Menurut Bayu, ketika beroperasi secara resmi pada awal 2024, pelabuhan yang direncanakan sebagai “tourism fishing port” atau pelabuhan perikanan berbasis pariwisata tersebut dapat menampung hingga 40 unit kapal dengan kapasitas 10 hingga 30 gross ton (GT), dan hingga 100 unit kapal motor tempel.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP DIY Catur Nur Amin optimistis di masa mendatang pelabuhan tersebut mampu menyumbang 5.000 ton ikan tangkap per tahun di DIY. Pada 2022 produksi ikan tangkap di DIY tercatat mencapai 7.072 ton atau 100,12 persen dari target. (admin)

artikel ini telah tayang di trenasia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga