Selasa, 28 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Dorong Hilirasi Komoditas Perkebunan, Kementan Gandeng Pemkot Bogor Gelar SKENA

ktnanasional – JAWA BARAT, BOGOR. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai cara guna menciptakan ekosistem usaha perkebunan yang kompetitif. Salah satu cara terbaru yang dijalankan adalah dengan menggelar kegiatan Semarak Perkebunan Nasional (SKENA) di Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung mulai dari tanggal 19 April hingga 21 April 2024 tersebut diyakini bisa berkontribusi dalam mendukung perkembangan hiliriasi perkebunan Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan kinerja hilirisasi komoditas perkebunan yang bernilai tambah tinggi.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah mengatakan bahwa SKENA merupakan ajang pemanasan untuk acara Bunex yang akan digelar sekitar bulan September 2024.

“Hal ini demi meningkatkan dan mendorong para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kita agar naik level dan guna mendukung komoditas perkebunan beserta nilai tambah perkebunan agar bisa bersaing dan bertahan dengan tuntutan pasar global yang semakin ketat,” katanya.

Andi Nur pun berharap masyarakat Kota Bogor dan sekitar dapat berkontribusi dalam meramaikan, memeriahkan, mengikuti dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

“Kami berharap kegiatan SKENA yang pertama ini akan terselenggara lagi di tahun-tahun berikutnya dan merupakan tonggak kegiatan hilirisasi komoditas perkebunan di provinsi Jawa Barat khususnya Kota Bogor,” ujarnya.

Dukung Pengembangan Komoditas

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. (Foto: Istimewa)

Andi Nur mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung pengembangan komoditas perkebunan untuk kesejahteraan petani melalui peningkatan produksi, produktivitas, dan hilirisasi komoditas.

“Kami percaya seluruh stakeholder terkait perkebunan, jajaran kepala SKPD, pelaku usaha, eksportir, asosiasi pengusaha juga mendukung dengan penuh apa yang Kementerian Pertanian lakukan,” ungkapnya.

“Kkami harapkan tidak menyurutkan semangat kita semua untuk terus melakukan upaya-upaya strategis dalam mempercepat pelaksanaan pengembangan komoditas perkebunan menuju hilirisasi Indonesia Emas 2045,” jelas Andi Nur.

Di sisi lain, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, data dua tahun terakhir jumlah UMKM kota bogor bertambah sekitar 300% dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor.

“Tercatat pada 2021 jumlah UMKM kota bogor sekitar 68 ribu, sedangkan tahun 2023 bertambah jumlahnya menjadi 78 ribu UMKM,” katanya.

Bima Arya pun siap menjadi bagian penguatan hilirisasi perkebunan yang dijalankan oleh Kementan, khususnya di Kota Bogor.

“Kota Bogor pastinya siap memperkuat hilirisasi perkebunan, tak hanya fokus di Bogor, namun juga diperluas sampai Bandung dan Jawa Barat lainnya, demi memajukan perkebunan,” ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan SKENA digelar di Lapangan Sempur dan Taman Ekspresi dengan kegiatan seperti pameran produk UMKM komoditas pertanian, perlombaan barista, bazar pasar murah minyak goreng, gula pasir, dan hasil pertanian lainnya.

Tak hanya itu, ada pula talkshowworkshop atau sharing session, launching ekspor, business matchinglaunching asosiasi pekebun, hiburan dari berbagai band dan penyanyi, pembagian benih kelapa dan kopi dan kegiatan menarik lainnya.

KTNA KOTA BOGOR

Ketua KTNA Kota Bogor Fifih Firdaos bersama DirjenBun Kementan dan Wali Kota Bogor, Bima Arya

Sementara itu Ketua KTNA Kota Bogor Fifih Firdaos berharap agar kegiatan SKENA 2024 ini menjadi jembatan promosi hiliriisasi produk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan (Sesuai dengan jumlah Dirjen yang ada dibawah Kementrian Pertanian) yang berkelanjutan dan meningkatkan penghasilan secara ekonomi serta jaringan bisnis olahan pertanian.

“Harapannya dengan adanya SKENA 2024 dapat mengangkat kesejahteraan para petani dari hulu hingga ke hilir” tutup Fifih. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga