Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

DPKP Kaltara Fokus Kembangan Potensi Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara

ktnanasional.com – KALIMANTAN UTARA, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Utara (Kaltara) terus meningkatkan program pertanian di sejumlah wilayah di Kaltara. Fokus DPKP yakni pembangunan pertanian hingga program ketahanan pangan.

Program pembangunan pertanian sendi yang dijalankan DPKP Kaltara ialah pemberian bantuan Cultivator, Hand Sprayer Elektrik, Traktor Roda Dua, Excavator, Irigasi Perpipaan, Pembangunan Jalan Tani hingga Perluasan Lahan Padi. Sedangkan untuk non pembangunan, DPKP Kaltara memberikan kebutuhan berupa bantuan Penanaman Pakan Ternak, Bantuan Pupuk hingga Bantuan Bibit Pertanian.

“Selain menggunakan APBD, beberapa kegiatan juga kita lakukan dengan menggunakan APBN dari kementrian dan semuanya sudah berjalan,” kata Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiono pada Rabu, 19 Juli 2023.

Kepala DPKP Kaltara yang akrab disapa Heri itu menambahkan dalam program berjalan ini, pihaknya tidak hanya fokus untuk mengembangkan sektor pertanian padi saja. Namum penanaman hijau untuk pohon-pohon penghasil juga turut diperhatikan oleh pihaknya, seperti penanaman bibit pohon buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Pohon durian dan elai juga kita perhatikan karena buah ini khas di Kaltara, termasuk berbagai jenis sayur yang bisa dihasilkan di Kaltara. Itu semua turut kita perhatikan dan kita kembangkan,” lanjutnya lagi.

“Agar program ini dapat berjalan baik, tentunya suport untuk kelompok tani juga harus kita maksimalkan seperti mengadakan Bimtek dan memberikan bantuan bibit serta pupuk,” terangnya.

Lanjut dia, untuk sektor perkebunan bantuan dari APBN 2023 berupa kegiatan pemeliharaan cengkeh di Desa Salimbatu. Di mana pemeliharaannya sudah memasuki tahun ke-5 dengan luas kebun 3 hektar.

“Di kebun cengkeh kita ada bantuan pemupukan, pembersihan, penyiaran bersama pementasan yaitu berupa pupuk dan pestisida. Ada juga pemberian upah kerja terkait pemupukkan dan pementasan,” pungkasnya. (admin)

Artikel telah tayang di benuaanta.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga