Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Drone Indonesia Untuk Pertanian Modern Indonesia

ktnanasional.com SUMBAR-Padang, Pesawat tanpa awak atau drone ikut mejeng dalam PENAS XVI Tahun 2023. Drone buatan Frogs Indonesia itu seakan menjadi unggulan dalam acara Pekan Nasional (PENAS) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI Tahun 2023 di selenggarakan pada tanggal 10 Juni – 15 Juni 2023 di Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat.

Penas merupakan kegiatan pameran agribisnis berskala nasional yang akan menampilkan beragam produk unggulan di sektor pertanian (agriculture), perikanan khususnya perikanan budidaya (inovasi teknologi, prasarana dan sarana beserta jasa pendukungnya).

Dalam sejarahnya, PENAS digagas para tokoh tani nelayan sejak tahun 1971. Setiap 3 tahun sekali digelar dan menjadi ajang pamer capaian pertanian terkini. Kegiatan ini juga telah menjadi salah satu event penting yang masuk ke dalam “kalender” kegiatan resmi pemerintah.
Anak-anak muda Indonesia dari Frogs Indonesia yang kreatif dan peduli pertanian modern Indonesia. Foto: liputan6.com/frog Indonesia/edhie prayitno ige

Ada yang berbeda pada penyelenggaraan PENAS 2023, yakni ditampilkannya drone atau pesawat tanpa awak yang dibuat oleh Frogs Indonesia. Tak hanya satu model, tapi Frogs Indonesia membawa berbagai drone sesuai kebutuhan dan volume pekerjaan bagi pertanian (agriculture) modern.

“Bukan hanya untuk kepentingan penyiraman, pemupukan, tapi juga untuk sektor perikanan dan juga kehutanan. Kami memamerkan drone penyemprotan dengan nama Sekar Agri, drone pemetaan dengan jenis Multirotor dan VTOL,” kata Amorita dari Frogs Indonesia.

Menempati lokasi di A 120 dalam pameran tersebut, Frogs Indonesia menempatkan diri sebagai pusat informasi, edukasi dan juga tukar menukar informasi pertanian modern.

Amorita menjelaskan bahwa dengan menggunakan drone maka pertanian dapat lebih efisien. Otomatis akan meningkatkan kualitas mengolah lahan pertanian.

“Kami juga menggelar demo pemupukan pada 11-14 Juni 2023,” kata Amorita.

Demo tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran kepada peserta pameran guna mengetahui adanya inovasi teknologi dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Ads 14 Gubernur atau yang mewakili beserta 293 Bupati Walikota ikut menghadiri dan membuka secara resmi seluruh rangkaian kegiatan PENAS XVI Tahun 2023 dan ditinjau oleh Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. Serta saat pembukaan acara PENAS dihadiri sekitar kurang lebih 19.443 pesert.

“Acara PENAS ini kan menjadi etalase perkembangan teknologi pertanian. Maka Frogs Indonesia berharap dapat terlibat memberikan informasi terkini mengenai teknologi pertanian khususnya drone pertanian ke para petani di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan dapat menambah kesejahteraan para petani,” kata Amorita. (liputan6)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga