Kamis, 30 Mei, 2024

Artikel Terbaru

DTPHP dan Kodim 0902/BRU Laksanakan Tanam Padi Bersama, Bupati Sri Juniarsih Dukung Peningkatan Sektor Pertanian

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, BERAU. Dalam rangka peningkatan Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Berau bersama TNI Kodim 0920/BRU dan petani melaksanakan penanaman padi bersama di Kampung Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur, Selasa (14/5/24).

Dalam kesempatannya, Kepala DTPHP Berau, Junaidi mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang telah disepakati antara Kementerian Pertanian (Mentan) dengan Panglima TNI beberapa waktu lalu dalam program peningkatan ketahanan pangan untuk mewujudkan swasembada pangan secara nasional.

“Sekaligus ini juga untuk memberikan semangat kepada para petani agar bisa terus meningkatkan hasil panennya,” ungkap Junaidi.

Lanjutnya, kegiatan ini meliputi penanaman padi bersama di lahan pertanian di Kampung Labanan Jaya.

Selain itu, ada pula kegiatan penyuluhan dan pelatihan bagi petani tentang teknik pertanian yang lebih efisien.

“Bukan hanya tentang penanaman padi, tetapi juga tentang cara pembuatan pupuk, peternakan dan sektor ketahanan pangan lainnya,” ujarnya.

Dirinya menyebut, tidak hanya di Kampung Labanan Jaya saja, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan serupa di kampung-kampung lain yang juga memiliki potensi pertanian dan sebaginya.

“Kampung lain juga akan kita bantu,” katanya.

Junaidi berharap, dengan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatan ketahanan pangan ini bisa berjalan lancar dan sukses serta bisa membantu masyarakat, khususnya para petani yang ada di Kabupaten Berau.

“Terimakasih kepada TNI dari Kodim 0902/BRU. Semoga sinergi ini bisa terus terjalin,” pungkasnya.

Sementara itu, dibeberapa kesempatannya, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengungkapkan bahwa pemerintah daerah terus berupaya memberikan dukungan di sektor pertanian. Kata dia, baik itu bantuan fisik maupun non fisik.

“Dalam 18 program prioritas kami, yakni Pemberian bantuan stimulan (Sapronak, Saprodi, Alsintan) serta mewujudkan sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang maju berbasis teknologi,” tandasnya. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga