Sabtu, 20 April, 2024

Artikel Terbaru

Dua Jenis Hama Mulai Menyerang Lahan Pertanian di Kabupaten Tulungagung, Tikus “Kuasai” 5,54 Hektare

ktnanasional.com – TULUNGAGUNG, Setengah tahun berjalan, serangan hama tikus masih terjadi dan menyerang lahan pertanian di Tulungagung.

Selain hama tikus, hama wereng batang coklat juga mulai menyerang lahan pertanian di Tulungagung pada pertengahan musim kemarau saat ini.

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Tulungagung, Gatot Rahayu mengatakan, selama enam bulan terakhir, hama tikus masih “menguasai” serangan lahan pertanian.

Berdasarkan datanya, hama tikus sudah menyerang lahan persawahan seluas sekitar 5,54 hektare. Serangan terbanyak pada lahan persawahan di Kecamatan Sumbergempol.

“Hama tikus sampai saat ini masih populer dalam merusak tanaman para petani di Tulungagung,” kata Gatot Rahayu, Selasa (12/7/2023).

Selain hama tikus, ungkap Gatot, hama wereng batang coklat juga mulai menyerang lahan pertanian tanaman padi pada pertengahan musim kemarau.

Diketahui, sudah ada lahan seluas 2,74 hektare yang diserang hama wereng batang coklat. Serangan terbanyak di Kecamatan Rejotangan.

Menurut Gatot, serangan hama wereng batang coklat ini patut diwaspadai. Karena, para petani sering tidak menyadari jika lahan sawahnya sudah diserang wereng batang coklat.

Mengingat wereng batang coklat ini menyerang langsung pada pangkal batang tanaman padi. Jika padi sudah berbuah, tiba-tiba bulirnya kosong (gabuk).

“Jadi, wereng ini menghisap nutrisi tanaman padi, lama-kelamaan akan berubah menjadi coklat dan mati,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi serangan hama wereng, kata Gatot, bisa dengan melakukan pola tanam yang bagus. “Yaitu menanam padi dalam waktu yang bersamaan,” kata dia.

Hal itu untuk memutus siklus berkembangnya hama wereng batang coklat agar tidak meluas.

Kemudian, para petani menanam tanaman yang tahan serangan hama wereng, seperti benih padi yang berkualitas.

Meski hama wereng mulai menyerang, Gatot memastikan jika saat ini belum ada tanaman yang gagal panen akibat serangan hama tersebut. (koranmemo)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga