Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Dua varietas unggulan Kota Sabang Resmi dapatkan sertifikat

ktnanasional.com – ACEH, SABANG. Dua varietas unggulan Pulau Weh, yakni Salak Sabang dan Alpukat Ashifa Sabang resmi mendapatkan sertifikat tanda daftar varietas tanaman lokal.

Tanda Daftar Varietas Alpukat Ashifa Sabang dan Salak Sabang, ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Aceh Cut Huzaimah kepada Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, di Ruang Rapat Wali Kota Sabang, Senin (21/8/2023).

Dua varietas ini telah melalui proses panjang untuk mendapatkan Tanda daftar varietas tanaman yang dikeluarkan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Tanda daftar varietas dengan Nomor 1927/PVL/2022 untuk Salak Sabang, sementara tanda daftar Nomor 1994/PVL/2023 untuk Alpukat Asyifa Sabang.

Pj Wali Kota Sabang mengatakan Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang terus berinovasi meningkatkan produktivitas pertanian di Pulau Weh.

“Dengan adanya ikon baru Kota Sabang, diharapkan bisa menjadi oleh-oleh yang bisa dibawa pulang wisatawan, dapat menarik minat penggemar buah, dan bisa mendorong peningkatan ekonomi sektor pertanian kota kita tercinta,” kata Reza Fahlevi.

Menurutnya, dari sisi pertanian dan perkebunan Kota Sabang memiliki skala kecil, tidak mampu bersaing secara produktifitas dengan kab/kota lain yang sudah lebih maju dan punya skala luas seperti Pidie dan Gayo lues.

“Tapi, Alhamdulillah kita punya kekhasan/produk unggulan, seperti salak dan alpukat. Kita juga tahu dari sisi ketersediaan lahan dan jumlah petani sangat terbatas. Walaupun demikian, sedikit banyak diharapkan mampu memberikan dorongan ekonomi lewat perkebunan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, meski dalam skala kecil Kota Sabang juga mengembangkan nilam, cengkeh, kelapa, dan produk perkebunan lainnya.

“Terima kasih banyak Bu Kadis atas kehadirannya dan sekaligus mengantar dua sertifikat varietas lokal Sabang. Semoga Dinas Pertanian Aceh terus mendukung pengembangan sektor pertanian di Kota Sabang, sehingga menjadi nilai tambah yang meningkatkan ekonomi masyarakat,” harap Pj Wali Kota Sabang. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga