Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

DUKUNGAN KTNA KALTIM DALAM MENSUKSESKAN SENSUS PERTANIAN 2023

ktnanasional.com – KALTIM Balikpapan. Sosialisaasi ST 2023 serta evaluasi kegiatan teknis dan administrasi tahun 2022 diadakan di Balikpapan tanggal 12 – 15 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan merupakan wujud dari Kerjasama KTNA Nasional dan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam rangka pelaksanaan Survey Pertanian yang akan dilakukan tahun 2023.

Dari pusat diwakili oleh Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Ketua KTNA Kaltim, Kepala BPS provinsi Kalimantan Timur, para kepala BPS kabupaten/ kota se Kalimantan Timur dan para undangan.

Pada hari ini Selasa 13 Desember 2022, ketua KTNA Kaltim H. Anwar, S.Ip. menjadi salah satu nara sumber dengan materi tentang “ Dukungan KTNA Kaltim dalam Mensukseskan Sensus Pertanian 2023”.

Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan organisasi masyarakat sebagai wadah musyawarah petani-nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian. Sesuai dengan fungsi tersebut, kelompok KTNA diarahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan potensi pertanian. “secara kelembagaan KTNA dibentuk mulai dari tingkat desa/ keurahan secara berjenjang hingga ke tingkat Nasional”, kata Anwar.

Sebagai sebuah organisasi KTNA menjadi mitra pemerintah dalam upaya membangun pertanian, kelautan/perikanan dan kehutanan dalam arti luas. Pengurus KTNA tersebar hingga ditingkat kecamatan selururuh provinsi Kalimantan Timur. Terutama di sentra sentra pertanian dalam arti luas. Menghadapi Sensus Pertanian 2023 atau yang lebih popular dengan sebutan ST2023, KTNA Kaltim sangat siap membantu dan berkolaborasi untuk mensukseskan sensus pertanian tersebut.

Saat dihubungi oleh Medkominfo KTNA, Ketua KTNA Kaltim menyampaikan data yang bersumber dari  BPS yang sudah diolah : di Kalimantan Timur ada 8.947 kelompok tani yang tersebar di kabupaten kota se Kalimantan Timur, mulai dari kelas Pemula, Lanjut, Madya, Utama hingga yang belum diklasifikasikan. Ini jelas dapat menjadi pertimbangan utama oleh BPS dalam merekrut sumber daya manusia (SDM) untuk melaksanakan ST2023.

“Kerjasama dan sinergi antara KTNA dan Pemerintah dalam hal ini BPS serta Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur akan sangat membantu kelancaran Survey Pertanian tahun 2023”, tegas Anwar. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga