Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

El Nino Harus Disikapi Secara Radikal

ktnanasional.com – SULTENG, PALU.  El Nino adalah suatu fenomena alam yang ekstrim merupakan cuaca kering  atau kemarau berkepanjangan, hal ini merupakan bagian dari pada gejolak iklim yang di dalam buku klimatologi pertanian adalah faktor pembatas yang sulit dikendalikan oleh manusia.

Dalam dunia pertanian faktor hama dan penyakit tanaman. faktor kesuburan tanah dan faktor lainnya mudah untuk dikendalikan akan tetapi faktor cuaca atau iklim sangatlah sulit untuk dikendalikan.

Air adalah merupakan faktor utama dalam memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman sebagaimana bagi manusia air sangat berperan penting dalam metabolisme. Dalam kondisi tertentu  bisa saja manusia tidak makan berhari-hari tetapi akan menjadi setengah mati bila tidak minum lebih dari satu hari.

Tanaman pangan dan sayuran akan stres air bila tidak diairi lebih dari empat hari.  Betapa pentingnya air bagi kehidupan terutama tanaman yang merupakan sumber  bahan pangan bagi semua manusia. Sesibuk apapun manusia dalam dunia pekerjaan dan kehidupannya pasti setiap saat membutuhkan makan yang merupakan hasil pertanian.

Bila demikian maka pertanian harus menjadi program utama prioritas pembangunan. Pertanian tidak boleh ada  masalah dan  pangan tidak boleh terganggu ketersediaannya.

El Nino menyebabkan ketersediaan air berkurang pada lahan irigasi dan bermasalah pada lahan kering yang pertumbuhan tanaman sangat ditentukan oleh curah hujan.

Para petani tidak bisa menanam pada musim kemarau, kegagalan panen yang menyebabkan kerugian petani diakibatkan oleh kemarau panjang. Mencermati kondisi El Nino maka harus disikapi secara radikal dalam artian mengatasi permasalahan petani secara mendasar memberikan solusi terhadap ketersediaan air untuk pertanian pada umumnya termasuk perikanan dan kehutanan.

El Nino tidaklah cukup  hanya dengan wacana dan himbauan dari belakang meja melalui kesepakatan dan narasi mitigasi terhadap El Nino.

Maka disemua tingkatan dari pusat dan daerah  harus ada perubahan mendasar terhadap program dan kegiatan pertanian merubah alokasi anggaran yang hanya menyebabkan pemborosan untuk difokuskan  menghadapi El Nino ibaratnya sama menghadapi Covid-19.

Hal yang perlu dilakukan adalah menggerakkan semua penyuluh pertanian lapangan untuk  menginventarisir lahan pertanian yang terdampak kekeringan dan kerusakan irigasi serta potensi ketersediaan air dan  kebutuhan para petani selanjutnya ditindak lanjuti oleh kementerian dan instansi lintas sektoral karena permasalahan dampak El Nino tidak dapat diatasi sendiri oleh  instansi pertanian.

Program dan kegiatan  harus diarahkan pada perbaikan irigasi, pembuatan dam parit, aliran air kelahan pertanian melalui pipanisasi  dengan sistim grafitasi, pembuatan sumur dan pompa air dengan sistim solar cell yang murah dari sisi operasional ditingkat petani.

Semoga upaya radikal secara positif terhadap dampak negatif  El Nino merupakan alternatif secara mendasar dan mendalam dalam upaya kita mengatasi permasalahan yang dihadapi petani sebagai pahlawan pangan. (ma)

Oleh: Ir. Muh. Adam. MM.MSi., Penulis adalah Sekretaris KPPP dan DPW PPPSI Sulawesi Tengah.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga