Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Empat Sawit Baru: Produksi Tinggi 30 Ton per Ha

ktnanasional – JAKARTA. Sawit-sawit jenis baru itu terbilang genjah lantaran berproduksi pada umur 24—30 bulan setelah tanam. Selain genjah, produksi sawit pun terbilang tinggi dengan rata-rata potensi produksi 32 ton tandan buah segar (TBS) per ha per tahun.

Sejatinya potensi panen lebih dari 35 ton TBS/ ha/tahun jika pekebun merawat intensif dengan kondisi tanah dan lingkungan mendukung. Bandingkan dengan varietas lain yang hanya 30,5 ton/ha/tahun. Adapun produksi minyak sekitar 8,5—9 ton/ha/tahun dengan rendemen 28—30%.

Beragam keunggulan itu milik sawit-sawit baru varietas D x P AAL Lestari, D x P AAL Nirmala, dan D x P AAL Sejahtera. Ketiganya produk PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk. Supervisor Research and Development, PT Astra Agro Lestari Tbk., Cahyo Sri Wibowo, mengatakan, PT AAL merilis 3 varietas sawit unggul itu pada Oktober 2020.

Pada Januari 2021 surat keputusan resmi dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, keluar untuk ketiga varietas itu. Ketiga varietas AAL anyar itu memiliki rerata pertumbuhan meninggi hanya hanya 40 cm/ tahun. Dengan pertumbuhan lambat itu, tinggi maksimal tanaman hanya sekitar 10 meter saat berumur 25 tahun.

“Itu lebih pendek daripada varietas lain yang mencapai belasan meter saat berumur sama. Keuntungannya umur ekonomis lebih panjang hingga 30 tahun daripada varietas lain yang hanya 25 tahun,” tutur Cahyo.

Ketiga varietas itu tumbuh pada tanah mineral dan gambut matang dengan topografi lahan datar hingga bergelombang dengan jarak tanam 9 m x 9 m x 9 m. Populasi tanaman mencapai 143 pohon/ha.

Cahyo mengatakan sebaiknya petani sawit membeli benih/bibit sawit langsung dari produsen benih atau penangkar sawit resmi agar benih terjamin keasliannya dan memiliki produksi tinggi.

Sawit anyar lain yakni Varietas DxP PPKS 239 inovasi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Dr. Ir. M. Edwin Syahputra Lubis, M. Agr. Sc., mengatakan, sawit yang dirilis sejak 2010 itu berproduksi tinggi. Potensi hasil bisa mencapai 38 ton per ha per tahun.

Varietas DxP PPKS 239 memiliki 15 tandan/pohon/tahun dengan bobot 17 kg/tandan. Kecepatan pertumbuhan meninggi 62,5 cm/tahun. Tanaman sawit berumur 6—9 tahun memiliki bobot tandan 17,2 kg/tandan dengan jumlah 15,3 tandan/pohon/ tahun.

Tandan buah segar (TBS) varietas DxP PPKS 239. (Dok. PPKS)

Sawit itu memiliki umur produktif hingga 25 tahun. Potensi produksi TBS mencapai 38 ton/ ha/tahun dengan rendemen 26%. Sementara potensi crude palm oil (CPO) dan palm kernel oil (PKO) tinggi masing-masing 8,4 ton/ha/ tahun dan 0,9 ton/ha/tahun.

Adapun potensi CPO + PKO mencapai 9,3 ton/ha/tahun. Dengan keunggulan itu varietas DxP PPKS 239 membuka kesempatan bagi petani dan pelaku industri sawit untuk menghasilkan tanaman berkualitas baik. Empat sawit anyar itu dapat menjadi pilihan Anda karena genjah dan produktivitas tinggi. (admin)

artikel ini telah tayang di trubus.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga