Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Gapoktan Berkah Bersatu Ekspor Pisang Dari Kalimantan Timur

ktnanasional.com – KALTIM Kutai Timur.  Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Berkah Bersatu pada hari Jumat 7 April 2023 mendapat kunjungan dari Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur.

Kunjungan Dinas tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi dipimpin oleh kepala dinas yang diwakili oleh Kepala Bidang Hortikultura Kosasih dan diterima oleh Priyanto ketua Gapoktan Berkah Bersatu. Kebun pisang yang dikunjungi berada di desa Kadungan Jaya kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur provinsi Kalimantan Timur.

Pada kesempatan itu Priyanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak mulai dari Pemkab Kutai Timur hingga Pemprov Kaltim yang selalu mendukung eksistensi petani di kebun apalagi di sektor tanaman pisang kepok yang saat ini sudah mendunia prospeknya.

Karena pengembangan tanaman pisang kepok ini sangat menjanjikan peningkatan ekonomi petani di sekitar ucapnya.  Desa Kadungan Jaya yang ditetapkan oleh Kementan RI sebagai kawasan food estate hortikultura pisang di kabupaten kutai timur, memiliki kebun pisang seluas 1960 ha, tergabung dengan kecamatan Kaliorang, Kaubun dan Sangkulirang. Kebun ini dikelola oleh 680 petani.

“Saat ini kami juga mengembangkan pisang cavendis seluas 16 ha dengan swadaya petani” tutur Priyanto.

Sementara itu kepala dinas yang diwakili oleh kepala Bidang hortikultura Kosasih menyampaikan pengembangan pisang kepok gereja di desa Kadungan Jaya, Kaubun Kabupaten Kutai Timur akan terus didukung penuh oleh Pemprov pasalnya kegiatan ini sudah tercakup di dalam program food estate hortikultura.

Dan sedang direncanakan untuk membantu alat panen modern dengan mempergunakan seling dan win namun dengan syarat tanaman harus luas dalam satu hamparan ucap Kosasih. Peralatant tersebut akan sangat membantu petani ketika panen karena lebih efisien biaya waktu dan tenaga.

Pelepasan Ekspor Perdana Pisang kepok oleh Direktur Buah dan Holtikultura Kementan RI, Liperdi Lukman didampingi kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Siti Farisyah Yana. (foto Koran Kaltim)

Sebelumnya pada September 2022 telah dilakukan ekspor perdana pisang Kepok. Acara pelepasan eksport pisang  itu dilakukan di Desa Kadungan Jaya, Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Kamis (29/9/2022). Direktur Buah dan Holtikultura Kementan RI, Liperdi Lukman didampingi kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Siti Farisyah Yana. Pada kesempatan itu Liperdi Lukman mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ekspor pisang kepok. Pasalnya, hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden agar menambah hasil produksi dan mengurangi impor. (Admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga