Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Gapoktan Desa Sumberbrantas Gelar Pertemuan Bahas Sektor Pertanian

ktnanasional – JAWA TIMUR, BATU. Pj.Wali Kota Batu,Aries Agung Paewai, meminta pada Dinas Pertanian agar segera melakukan pemetaan ulang sektor pertanian.

Hal tersebut disampaikan Aries pada saat menghadiri pertemuan Gapoktan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Sabtu (2/3/2024).

Hadir dalam giat tersebut, anggota DPRD DAPIL Bumiaji Heli Suyanto, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Heru Yulianto, Camat Bumiaji Bambang Hari Suliyan, berdana perwakilan  Gapoktan wilayah Kota Batu.

Seperti diketahui Desa Sumberbrantas merupakan wilayah sangat subur, dan memiliki potensi besar dalam pertanian hortikultura,terutama kentang yang selalu menjadi primadona.

Meski begitu,dalam pertemuan kali ini yang menjadi fokus utama perbincangan tentang bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan, ekosistem, dan kesuburan tanah di desa tersebut.

Menurut Sugeng Ketua Gapoktan Kota Batu, untuk menjaga lingkungan demi kelangsungan usaha pertanian sangat penting.

“Untuk menjaga lingkungan demi kelangsungan usaha pertanian sangat penting,”kata Sugeng.

Demikian jika Ibu Kota Negara nantinya  pindah ke IKN,ia menyakini petani lokal akan memenuhi kebutuhan sayur di IKN,terutama kentang.

Untuk itu, Pj. Wali Kota Batu,Aries Agung Paewai, berharap sektor pertanian di Kota Batu mampu mendukung sektor pariwisata.

“Sektor pertanian bukan hanya sekadar bagian dari peningkatan ekonomi, tetapi juga menjadi pondasi bagi sektor pariwisata dan UMKM,” kata Aries.

Olehkarena itu,pihaknya berpesan kepada Heru Yulianto selaku Kepala Dinas Pertanian, agar segera melakukan pemetaan ulang pada sektor pertanian.

“Setidaknya hal ini akan menjadi langkah awal untuk pengembangan sektor pertanian,” ujar Aries.

Pada kesempatan ini,Aries mengunjungi Lab PPAH (Pusat Pengembangan Agency Hayati) sekaligus ikut memanen kentang di Desa Sumberbrantas. (admin)

artikel ini telah tayang di surabayapostnews.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga