Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

GAPOKTAN MUKTI JAYA : Terima Bantuan Digital Farming dan Pendampingan dari Bank Indonesia Riau

ktnanasional.com – RIAU, MUKTI JAYA. Dalam menuju Era Pertanian 4.0 Gapoktan Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir Riau menerima seperangkat alat Digital Farming dari Bank Indonesia Riau. Alat tersebut adalah Climate Station, Rapid Soil Chek serta monitor Climate Station.

Melalui alat digital farming Climate Station petani dapat mengakses cuaca setiap hari dan untuk 3 hari kedepan.

Informasi cuaca dari Climate Station adalah kelembaban udara, curah hujan, kecepatan angin, suhu, arah angin, cahaya sedangkan Rapid Soil Chek adalah PH tanah dan rekomemdasi pupuk yg dibutuhkan tanaman.

Bantuan ini juga ada pendampingan selama 3 bulan dari PT. Habibi Garden vendor digital farming.

Melalui alat digital farming ini diharapkan ada peningkatan produktivitas pertanian khususnya padi di Desa Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir Riau.

Kedepan Bank Indonesia Riau akan menetapkan desa Mukti Jaya sebagai Klaster padi untuk menekan inplasi.

Melalui Gapoktan Mukti Jaya akan dapat mentranformasi program yg berbasis Smart Farming juga memotivasi kaum milineal berusaha tani yg berbasis digital.

Selain digital farming Bank Indonesia Riau juga telah membantu berbagai jenis alsintan seperti Combain Harvester, power trasser, hand traktor, cultivator, pompa air kepada Gapoktan Mukti Jaya

Dalam kegiatan ini Alkahfi Sutikno,M.Pd yang juga Wakil Ketua PPPSI Riau bertindak sebagai narahubung antara Bank Indonesia Riau dan Gapoktan Mukti Jaya. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga