Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Gelar Syukuran, Kelompok Tani Albuah Panen Raya Semangka

ktnanasional – KALIMANTAN TENGAH, LAMANDAU. Kelompok tani lokal Albuah Lamandau adakan acara syukuran, atas melimpahnya panen buah semangka non biji jenis Madrid, mencapai kurang lebih 25 ton dengan luasan lahan 1, 25 Hektar bertempat di Desa Kujan, Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, Minggu (28/4/2024).

Penen buah semangka non biji jenis Madrid ini sudah beberapa kali dilakukan, namun kali ini hasilnya cukup bagus, walaupun cuaca kita tidak mendukung dengan curah hujan yang cukup tinggi, tapi hasilnya cukup memuaskan kami

“Apalagi cuaca kita panas lebih bagus lagi, hasil buah semangkanya bisa lebih besar lagi mencapai berat 8 sampai 9 kilo perbiji. Saat ini kita melakukan panen di salah satu anggota Albuah yaitu pak Sukirno yang mana beliau wakil ketua kelompok tani Albuah,”kata ketua kelompok tani Albuah Ikbal.

Lanjutnya, saat ini kita memiliki lahan dengan jumlah global kurang lebih 40 hektar dengan lokasi yang berbeda, ada yang di Kec. Bulik, Kec Sematu Jaya, Kec Menthobi Raya Kec Lamandau dan Kec Bulik Timur.

“Untuk per hektarnya kita bisa mendapatkan hasil maksimal buah semangka kurang lebih 25 ton dan dari seluruh lahan yang ada tersebut kita jumlahkan tidak kurang 1000 ton per tiga bulan, “ucapnya.

Sukirno menambahkan, dalam per hektarnya kita butuhkan modal mencapai Rp 30.000.000 untuk biaya pengolahan tahan, tanam, pupuk, perawatan dan hingga masa panen.

Saat disinggung awak media, terkait penyuluhan dan bantuan dari Dinas Pertanian Kab. Lamandau iya menjelaskan, baik itu penyuluhan dan bimbingan kita tidak pernah merasa, mereka datang kesini hanya melihat saja, usai lihat-lihat mereka Terus pulang.

“Untuk terkait alat, kami tidak munafik, namun alat yang kami terima hanya berupa teraktor kecil saja, sehingga pengolahan tahan kurang begitu maksimal, kami berharap pada dinas Pertanian bisa membantu kami untuk pengadaan traktor jonder, agar lebih maksimal,”jelas dia.

Salah seorang pembeli buah semangka kelompok tani Albuah Irwan Felix memaparkan, buah semangka non biji jenis Madrid yang ada di Kab Lamandau ini, dari segi rasa cukup manis. Berbeda dari daerah lain.

“Hasil panen mereka hari ini saya beli untuk saya bawa ke Kalimantan Selatan daerah Banjarmasin. Selanjutnya akan saya bawa ke Jawa Timur daerah Surabaya, sebab di dua daerah ini paling cepat habis,”pungkasnya. (admin)

artikel ini telah tayang di tewenews.com

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga