Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

GIAT PERKUMPULAN PENYULUH PERTANIAN SWADAYA INDONESIA (PPPSI) SUMATERA UTARA

ktnanasional.com – SUMUT Medan, Pada bulan Oktober 2022 Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara menggelar Festival Benih dan Buah 2022 di halaman kantor Dinas TPH Sumut, Jalan AH Nasution No 6 Medan, Festival diikuti 90 peserta dari 15 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut).

Menurut plt Kepala Dinas TPH Sumut Hj. Lusyantini,  kegiatan rutin tersebut digelar untuk menggali potensi benih dan buah unggul lokal. Nantinya, buah unggul lokal tersebut akan diusulkan ke pihak Kementerian Pertanian (Kementan) agar bisa dilepas sebagai varietas unggul nasional. “Sumatera Utara memiliki banyak komoditas hortikultura yang mampu bersaing di pasar global,” katanya.

Salah satu peserta pada perhelatan tersebut adalah PPPSI Provinsi Sumatera Utara. Frans Siahaan ketua PPPSI Sumut mengatakan bahwa keikut sertaan PPPSI Sumut adalah bentuk sinergi dengan pemerintah Provinsi Sumut, dalam hal ini bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Salah satu peran dari Penyuluh Pertanian Swadaya adalah menyampaikan informasi dan tehnologi di bidang pertanian. dan pada saat Festival PPPSI mengadakan pelatihan pembuatan BIOSAKA kepada para peserta yang hadir. Selama pelatihan turut mendampingi Kabid Penyuluhan Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara Ir. Sutarman, M.M.

Kabid Penyuluhan Sutarman bersama Ketua PPPSI Frans Siahaan

Pelatihan ini diikuti oleh unsur Kelompok Tani, Gapoktan, KTNA, anggota PPPSI dan para Mahasiswa/Mahasiswi. “ kami berharap ilmu yang kami tularkan ini bisa bermanfaat dan bisa disebarluaskan kepada petani disekitar tempat mereka tinggal” ujar Frans

Lebih lanjut disampaikan oleh Frans kalau PPPSI merupakan organisasi yang lahir dari KTNA tidak hanya terlibat di acara festival atau yang bersifat seremonial saja. Kami para Penyuluh Pertanian Swadaya di Provinsi Sumatera Utara juga turun ke desa desa melakukan pendampingan kepada petani di lapangan. Seperti pada Kegiatan demplot di Nagori/Desa Simbolon Tengkoh yang merupakan sentra Bawang Merah, Kecamatan Penombeian Panei Kabupaten Simalungun.

Kehadiran PPPSI Provinsi Sumut bersama dengan Kadis Ketahanan Pangan Kab. Simalungun bukti sinergitas dan kolaborasi dalam melaksanakan penyuluhan dilapangan yang berdapingan  dengan penyluh ASN. Hadir pada waktu itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. M. Pangaribuan, Kabid Sapras Dinas TPH Provinsi Sumut Ir. Jhoni Akim Purba, M.Si serta para tokoh masyarakai serta para Kelompok Tani dan Gapoktan. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga