Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

GUBERNUR KALTARA : KTNA HARUS SELALU KOORDINASI DENGAN DINAS, SUPAYA APA YANG DIRENCANAKAN BISA BERJALAN BAIK

ktnanasional.com – KALTARA Tarakan. Bertempat di hotel Tarakan Plaza hari Jumat (09/12/2022) KTNA Provinsi Kaltara mengadakan audensi dengan gubernur provinsi Kalimantan Utara Drs. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum. Audensi kali ini  dipandu oleh kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Heri Rudiyono, M.Si. Hadir Ketua KTNA Provinsi Kalimantan Utara Adli Sumardi yang didampingi oleh pengurus provinsi. Hadir pula ketua KTNA Kabupaten Nunukan H. Masjidil, ketua KTNA Kabupaten Tanah Tidung Lasung dan ketua KTNA kota Tarakan Harianto.

Ada beberapa hal yang menjadi bahan diskusi saat audensi yaitu tentang kesiapan KTNA Kaltara untuk mengikuti PENAS XVI di Padang Sumatera Barat tanggal 10 – 15 JUni 2023. Juga dibahas mengenai program kerja KTNA Kaltara hingga ke tingkat Kabupaten/kota. Seperti kita ketahui provinsi Kalimantan Utara merupakan pemecahan dari provinsi Kalimantan Timur. Ada 4 (empat) Kabupaten dan 1 (satu) Kota di provinsi Kalimantan Utara.

Gubernur Kaltara menyampaikan akan bersurat kepada bupati dan walikota terkait dengan keikut sertaan petani nelayan di kabupaten kota untuk berperan serta pada PENAS XVI di kota Padang. Dan berharap KTNA KALTARA bisa membawa  dan menjaga  nama  baik sebagai duta petani nelayan provinsi Kalimantan Utara dengan slogan “KALTARA DIHATI”.

“Pengurus KTNA harus selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  supaya apa yang kita rencana bisa berjalan dengan baik”, kata Gubernur.

Pada saat yang sama Ali Sumardi Ketua KTNA KALTARA menyampaikan terkait dengan kuota peserta PENAS XVI, Provinsi Kaltara mendapat jatah 400 peserta. Dan saat ini untuk peserta utama, pendamping dan peninjau sudah dianggarkan untuk  150 orang. Sementara jumlah dan daftar peserta dari kabupaten kota belum terkumpul. “Semoga dengan pertemuaan ini target untuk memberangkatkan 400 orang peserta ke PENAS XVI bisa terlaksana”, kata Ali.

Selain membahas tentang persiapan PENAS XVI, momen tersebut juga di manfaatkan oleh pengurus KTNA Kaltara untuk menyampaikan usulan atau program dari kelompok tani kepada pemerintah. H. Arifuddin, seorang tokoh masyarakat dan pengurus KTNA Kaltara menngusulkan pengembangan jenis tanaman yang mempunyai nilai ekonomis dan bisa ditanam oleh para petani, seperti Talas Beneng dan Porang.

Pemerintah provinsi Kaltara dalam hal ini Gubernur mangatakan silahkan dibuat perencanaannya yang matang untuk mengembaangkan komoditi yang baru, kalau untuk kesejahteraan masyarakat pemerintah pasti mendukung.

“Pastikan dulu ada pabrik tau pembelinya sudah ada, supaya kalau petani panen sudah ada yang menampung, pemerintah akan memberi izin”, kata Gubernur. (sb/mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga