Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Gubernur Sumsel Buka Pekan Daerah KTNA XV di Bumi Sebiduk Sehaluan

ktnanasional.com – SUMSEL Belitang.  Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara resmi membuka Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV Provinsi Sumsel yang dipusatkan di Lapangan Koni Gumawang BK X Belitang OKU Timur, Rabu (10/5/2023).

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana PEDA KTNA Ke XV H.M. Basjir DA menyampaikan, “Terima kasih kami kepada para pelaksana dan Instansi terkait yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan PEDA KTNA Sumsel Ke XV ini, saya kagum PEDA di OKU Timur ini hampir sama seperti PENAS KTNA, hadir lengkap Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara, dan Pengurus. Lebih istimewa lagi hadir para Bupati dan Walikota Se-Sumatera Selatan,” ujarnya.

Basjir melanjutkan, “Pada acara ini akan ada penghargaan-penghargaan di bidang pertanian. Kita akan menghadapi PENAS pada bulan depan, Melihat Pembukaan di OKU Timur ini, Jangankan PEDA, PENAS pun pasti akan sukses. Kemudian PEDA KTNA berikutnya kami sepakati dan kami usulkan diadakan di kabupaten Empat Lawang,” tutupnya.

Herman Deru memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten OKU Timur yang telah membuat acara Peda KTNA XV luar biasa.

Terkait dengan diberikannya penghargaan bagi 10 kepala daerah di Sumsel berupa  Adhi Bhakti Tani Nelayan dari KTNA pusat. Herman Deru menilai, penghargaan yang telah diberikan tersebut merupakan pembuktian konkrit atas sinergitas antara Pemprov Sumsel dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memajukan sektor pertanian.

Herman Deru berharap dengan penghargaan yang telah diberikan tersebut akan menjadi pemacu kerja keras para petani Sumsel.

Herman Deru menaruh harapan besar kepada para tenaga Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (P2EP) yang dibentuk dalam memberikan pendampingan dalam meningkatkan taraf ekonomi para petani.

Lebih jauh Herman Deru mengatakan, Pemprov Sumsel akan terus membuat inovasi-inovasi demi wujudkan Sumsel menjadi daerah mandiri pangan. Melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pagan (GSMP).

Atas kepeduliannya dan pengabdiannya dibidang pertanian, Herman Deru dalam waktu dekat ini akan diberikan  penghargaan berupa PIN EMAS ADHI BHAKTI TANI NELAYAN MAHA UTAMA dari KTNA Nasional.

Ketua Umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor dalam sambutannya menyampaikan, Pemberian Pin Emas Adhi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama diberikan sangat selektif. Diusulkan oleh Petani Nelayan dalam satu Provinsi melalui KTNA Provinsi. Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, menerima Pin Emas Adhi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama, setelah sebelum nya pin yang sama diberikan kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur DIY dan Awang Farouk Gubernur Kalimantan Timur.

“Sampai saat ini baru 3 Gubernur yang menerima Pin Emas Adhi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama”, kata Sofyan.

Sementara itu Bupati OKU Timur mengaku bangga atas dijadikannya OKU Timur sebagai tuan rumah Peda KTNA XV tahun 2023.  Ajang yang melibatkan pelaku tani dan nelayan ini tak lain bertujuan untuk berbagi informasi tentang seputar pertanian. Baik teknologi pertanian hingga hasil produksi dari pertanian di daerah masing-masing. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H, Lanosin, ST dalam sambutannya.

Sebelum rangkaian acara pembukaan Peda oleh gubernur Sumatera Selatan, terlebih dahulu dilakukan pelantikan pengurus Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (PPPSI) DPW Provinsi Sumatera Selatan, Pengukuhan Pemuda Tani Nelayan Provinsi Sumatera Selatan serta Pemberian Penghargaan Adhi Bhakti Tani Nelayan.

Pelantikan pengurus PPPSI DPW Sumatera Selatan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PPPSI Pusat H. Otong Wiranta. Untuk masa Bhakti 2023 – 2028 PPPSI DPW Sumsel dipimpin oleh Sukardi, SP., M.Si. didampingi oleh Hermanto, SP., M. Si., dan  Risna Dian Pangestu, A.Ma., sebagai Bendahara Organisasi.

Sementara itu atas permintaan ketua KTNA Provinsi Sumatera Selatan H.M. Basjir DA,  Ketua Umum KTNA Nasional didapuk untuk mengukuhkan Pemuda Tani Nelayan periode masa bhakti 2023 – 2028. Sebagai organisasi sayap KTNA, Pemuda Tani Nelayan Provinsi Sumatera Selatan dinahkodai oleh Panca Wijaya Akbar, SH, dengan didampingi sebagai sekretaris Rahmad Kurniawan, SP.,M.Si dan  bendahara Sunarto, SH.,M.Si.

Untuk Penghargaan Adhi Bhakti Tani Nelayan, pada pelaksanaan Peda KTNA XVI provinsi Sumsel, ada 10 penghargaan yang diberikan. Penghargaaan diberikan kepada para Bupati, Wakil Bupati dan Pengurus KTNA yang telah berjasa atas pengabdian, kesetiaan, semangat dan tanggungjawabnya dalam meningkatkan pembangunan pertanian dan kesejahteraan serta kemandirian petani dan nelayan dalam wilayahnya.

Dalam upacara penyematan Pin Adhi Bhakti Tani Nelayan, Ketua Umum KTNA Nasional didampingi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru dan Kapusluh Kementerian Pertanian RI, Bustanul Arifin Cahya, Kapusluh hadir di Peda mewakili Menteri Pertanian RI. Penghargaan Adhi Bhakti Tani Nelayan diberikan kepada :

  1. Ir. H. Heri Amalindo, MM, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kelas Madya
  2. H. Lanosin, ST, Bupati OKU Timur, Kelas Madya
  3. Panca Wijaya Akbar, SH, Bupati Ogan Ilir/Perintis Petani Muda Sumatera Selatan, Kelas Pratama
  4. Popo Ali Martopo, B.Commerce, Bupati OKU Selatan, Kelas Pratama
  5. Cik Ujang, SH, Bupati Lahat, Kelas Pratama
  6. Slamet Somosentono, SH, H. Slamet Somosentono, SH, Kelas Pratama
  7. Teddy Meilwansyah, S.STTP.,MM.,M.Pd, Pj Bupati Ogan Komering Ulu, Kelas Pratama.
  8. Abusari, SH.,M.Si, Sekretaris KTNA Prov. Sumsel Masa Bhakti 2021-2026, Kelas Pratama
  9. (Alm) H Hasan MK, Purna Ketua KTNA Kab. OKU selama 9 Periode, Kelas Pratama, yang diterimakan oleh cucu almarhum
  10. Muchtadi, Ketua KTNA Kab. OKU Timur Masa Bhakti 2004-sekarang, Kelas Pratama.

Peda XV KTNA Provinsi Sumatera Selatan akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 15 Mei 2023, ini juga merupakan ajang persiapan kontingen Provinsi Sumatera Selatan untuk menghadiri Penas Petani Nelayan XVI kota Padang Sumatera Barat yang tinggal 30 hari lagi. Dari 17 Kabupaten kota yang ada di provinsi Sumatera Selatan, kota Lubuk Linggau kali ini absen tidak mengirimkan kontingen ke arena Peda. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga