Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Harga Cabai Naik, Petani di Kabupaten Madiun Untung

ktnanasional – MADIUN. Petani di Kabupaten Madiun merasakan keuntungan lebih sejak naiknya harga cabai rawit di pasaran. Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Madiun, Suharno mengatakan, harga jual di tingkat petani Rp50 ribu sampai Rp60 ribu per kg.

Sementara di tingkat pedagang saat ini dijual Rp70 ribu sampai Rp80 ribu per kg. Menurut Suharno, kenaikan harga cabai sebanding dengan biaya yang dikeluarkan petani, mengingat pasokan air berkurang dampak fenomena El Nino.

“Petani ya diuntungkan dengan kondisi ini, namun karena ada kekurangan air akibatnya biaya atau cost produksi kita juga tinggi. Kalau harga standarnya ya Rp25-30 ribu di tingkat petani,” katanya saat berbincang dengan Pro 1 RRI Madiun, Jum’at (3/11/2023).

Suharno menyatakan, kenaikan harga cabai terjadi secara nasional, bukan hanya terjadi di Madiun. Ia menilai, ketika panenan cabai rawit di Jawa Timur kondisinya baik atau 150 ribu hektare, diyakini mampu mencukupi kebutuhan masyarakat terutama di Jatim.

“Produksi cabai di Jatim ini kan juga dikirim ke Jakarta dan kota lain, la mungkin ini juga bisa menjadi penyebab naiknya harga di pasaran karena kebutuhannya berkurang,” tambahnya.

Suharno menegaskan, tidak hanya harga cabai rawit, cabai merah besar dari petani juga ikut naik Rp30 ribu per kg, sedangkan di pasaran Rp40 ribu per kg. Sedangkan harga cabai keriting saat ini seharga Rp60 ribu per kg. (admin)

artikel ini telah tayang di rri.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga